Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Pesta demokrasi Kabupaten Jayawijaya akhirnya menepi. Kamis, 7 No­vember 2013, lembaga hukum ter­tinggi, Mahkamah Konstitusi menolak gugatan empat pasang penggugat. Keputusan ini sekaligus menguatkan putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jayawijaya, Selasa 26 September 2013 yang menetapkan pasangan John Wempi Wetipo, SH, MH dan Jhon R. Banua (JOJON) menang dengan perolehan suara 168.661 suara atau setara dengan 91, 69 persen.

Pesta demokrasi bertajuk Pilkada di Jayawijaya telah usai. John Wempi Wetipo dan Jhon Richard Banua yang akrab dikenal JOJON menang dan siap melanjutkan kepemimpinan Jayawijaya Jilid II. Apa strategi politik mereka dan apa saja program mereka lima tahun ke depan? Beberapa hari menjelang pelantikan, Crew Redaksi Majalah Lani mewawancarai Bupati John Wempi Wetipo saat bertandang ke kantor redaksi di Jayapura. Berikut petikan wawancara eksklusif Majalah Lani yang dirangkum Gusti Patading.

Pilkada di Jayawijaya memberi pelajaran demokrasi berarti bagi Papua. Ia terselenggara dalam suasana damai dan bermartabat.

Suasana di ruang sidang Mahkamah Konstitusi begitu hening saat delapan hakim konstitusi memasuki ruangan. Ada sekitar belasan orang yang hadir disitu. Hari itu, Jumat, 7 November 2013.

Penyakit HIV dan AIDS masih menjadi momok bagi masyarakat di kawasan Asia dan Pasifik. ICCAP hadir untuk menjadi wadah mendiskusikan bagaimana penanganan penyakit ini.

Waktu di jam tangan menunjukkan pukul 19.00 WIT, hari itu Jumat, 5 November 2013. Tiba-tiba telepon seluler saya berdering. Hanya saja nomor yang masuk itu tak di kenal.

Kacang tanah tak hanya untuk dikonsumsi saja. Namun mempunyai nilai ekonomis lain jika dijadikan minyak goreng. Potensi ini tengah digarap warga Kampung Kumina.

Warga Kampung Kumina Distrik Kurulu kini terbantu dengan adanya program PNPM Pertanian. Kini warga tak hanya memproduksi kacang tanah untu dijual saja.
Justru kacang mampu menda­tangkan manfaat lain yang bisa bernilai ekonomi yakni menjadikan kacang tanah sebagai minyak go­reng. Peluang ini meningkatan pen­dapatan masyarakat.