Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua periode 2013-2018 sudah berlangsung dengan lancar dan aman. Tanggal 29 Januari 2013, dua juta lebih rakyat yang Papua yang tersebar di 29 kabupatan/kota ini menyalurkan hak politiknya, memilih pemimpin yang dianggapnya paling tepat memimpin Papua lima tahun ke depan. Kini KPU Provinsi Papua pun telah menetapkan hasilnya. Besar harapan, dalam waktu dekat, rakyat Papua akan memiliki gubernur dan wakil gubernur defenitif yang baru.

Papua Travels berwisata ke tiga kampung di Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo. Saya ikut dalam rombongan itu.

Perjalanan kami menuju ketiga kampung itu dilakukan de­ngan berjalan kaki melintasi jalan setapak. Menelusuri lereng gunung yang terjal berbatu, naik gunung dan menuruni lembah agar tiba di kampung-kampung tujuan wisata. Jarak antarkampung Kilise, Wuserem dan Syokosimo, rata-rata kami tempuh selama tiga sampai lima jam.

“Kita tidak bisa mengubah masa lalu. Kita tak bisa mengubah sesuatu yang tak bisa dihindari. Satu hal yang bisa kita lakukan adalah berpegang pada tali kenangan sambil belajar darinya.” Charles R. Swindoll

Suasana di ruangan berdin­ding coklat ukuran 7 x 8 meter itu tampak tenang. Sebuah lukisan wajah Yesus sambil merangkul seorang anak Papua tergantung di atas pintu masuk ruangan. Di belakang meja, di samping tumpukan map dan buku-buku, seorang lelaki paruh baya sedang membaca buku di tangannya. Jam menununjukkan pukul 18.00. Ruangan di kantor sebelahnya telah sepi dari aktivitas. Tak ada satpam yang piket di pintu masuk sebagaimana di pagi hingga sore hari.


Ini sebuah anugerah. Saya berkesempatan menginjakkan kaki di Tanah Papua, akhir Januari 2013 lalu.

Pesawat Lion Air, JT 894 yang saya tumpangi dari Jakarta transit Makassar, mendarat dengan sempurna di Bandara Sentani Jayapura Pkl. 15.45 WIT. Hari itu Kamis, 24 Januari 2013. Setelah awak kabin mempersilahkan semua penumpang meninggalkan pesawat, dengan menenteng tas hitam di ta­ngan, saya pun beranjak turun melalui pintu bagian belakang pesawat.

Musim kompetisi 2012/2013, manajemen Persiwa cuci gudang. Walau dengan banyak pemain baru, target tinggi tetap dipatok.

Kompetisi Liga Super Indonesia musim 2012/2013 sudah resmi diputar awal Januari lalu. Tim-tim penghuni empat besar klasemen musim lalu yakni seperti Sriwijaya FC, Persipura Jayapura, Persela Lamong­an, Persija Jakarta hanya menambah beberapa pemain baru untuk menambah kekuatan yang sudah ada. Hal ini berbeda jauh dengan manajemen Persiwa yang melakukan langkah berani dengan  merombak besar-besaran skuad mereka.

Ia tegas dalam pendirian. Tetapi lembut dalam sikap. Ia politisi perempuan Papua yang tengah bersinar.

Yakoba Lokbere, SE. Demikian nama perempuan 34 tahun ini. Mantan Putri Dani 1996 ini kini duduk menjadi Ketua Ko­misi C DPRD Kabupaten Nduga, 2009-2014. Yakoba dan rekan se-daerah, Paulina Ubruangge (kini almarhumah), adalah dua dari 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nduga dari unsur perempuan. Unik. Menarik. Dua di antara duapuluh.

Sudah beberapa bulan saya menjalani KKN di Kampung Esrotnamba. Saya benar-benar terpanggil menjadi penginjil dan guru bagi mereka.

Pagi itu handphone saya berbunyi. Direktur Harian Baliem Mission Center (BMC) Pdt. John Jonathan Naap menelpon saya untuk menanyakan kesedian sebagai salah satu mahasiswa STT Levinus Rumaseb yang akan melakukan KKN selama satu tahun di Kampung Esrotnamba. Kampung ini terletak di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat.

“Jika Anda bisa membuat orang lain tertawa, maka Anda akan mendapatkan semua cinta yang Anda inginkan.”

Suara riuh anak-anak berlarian di depan kompleks Panti Asuhan Pelangi I di pagi itu. Rerumputan hijau dan aneka pot bunga segar berjejeran di halaman depan bangunan yang terletak di belakang Polsekta Abepura ini. Majalah Lani menyambangi tempat itu, menjumpai Ibu Ester Itaar selaku penanggungjawab panti, disambut dengan gonggongan anjing.

Pemkab Jayawijaya dan Polres Jayawijaya berkomitmen memerangi miras. Ini demi menyelamatkan generasi muda.

Minuman keras (Miras) menjadi salah satu penyebab timbulnya kriminalitas di Ka­bupaten Jayawijaya. Untuk itu Pe­­merintah kabupaten Jayawijaya ber­sama Polres Jayawijaya dan elemen-elemen masyarakat berjuang keras untuk memerangi Miras.

Sepekan menjelang dihelatnya Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua, 29 Januari. Buku de­ngan judul Papua Butuh Pemimpin Revolusioner diluncurkan. Peluncuran buku dengan judul Papua Butuh Pemimpin Revolusioner dilaksanakan di TVRI Papua Jayapura, sekaligus digelar dialog, Sabtu, 23 Januari lalu.
Buku dengan judul “Papua Butuh Pemimpin Revolusioner setebal 180 halaman yang diterbitkan oleh Penerbit Agamua Science ini ditulis oleh Wempi Wetipo, S.Sos, SH. M.Par dan Marthen Medlama, S.Pd.

Kota Wamena sedang bertumbuh pesat. Aktivitas penerbangan kian padat. Butuh peningkatan fasilitas bandara.

Bandar Udara (Bandara) Wamena, ibukota Kabupaten Jaya­wijaya saat ini menjadi salah satu Bandara tersibuk di Papua, setelah Bandara Sentani Jayapura. Puluhan aktivitas penerbangan setiap hari terjadi di sini. Hal ini wajar mengingat Wamena menjadi pintu masuk bagi beberapa kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah seper­ti Tolikara, Lanny Jaya, Yalimo, Memberamo Tengah, Nduga, Puncak Jaya dan Jayawijaya sendiri.

Dua tahun lamanya, Pilgub Papua tertunda. Akibatnya, partisipasi pemilih rendah.

Pelaksanaan Pilgub Papua yang dilaksanakan 29 Januari memang sarat masalah, memakan waktu yang lama, melelahkan dan menghabiskan banyak dana. Untuk membiayai Pilgub kali ini pemerintah Provinsi Papua menggelontorkan uang yang tidak sedikiti, yakni sebesar Rp400 miliar.
Sejatinya, sesuai jadwal Papua sudah memiliki gubernur defenif sejak Juli 2011 lalu. Namun terjadinya tarik menarik soal undang-undang maupun kewenangan membuat Pil­gub Papua terus mengalami penundaan.

5 Februari 2013, Gereja di Pa­pua merayakan 158 Hari Pe­ka­baran Injil. Apa pengaruh Injil dan perkembangan iman bagi pertumbuhan iman dan kehidupan sosial masyarakat umat Kristiani di Papua? Berikut petikan wawancara eksklusif Tim Majalah Lani dengan Ketua Klasis GKI Jayapura, Pdt. Willem Itaar di ruang kerjanya, awal Februari lalu.

Setelah menunggu 15 hari pasca pencoblosan, ak­hirnya KPU menetapkan hasil perolehan suara Pilgub Papua. Lukmen menang satu putaran.

Gedung GOR Cenderawasih yang terletak di Jalan Sam Ratulangi, Kota Jayapura, pada Rabu, 13 Februari 2013, sejak pagi hingga malam hari terlihat ramai. Sekitar seribu lebih aparat keamanan dari gabungan TNI/Polri tampak berjaga-jaga di pintu masuk, sekeliling halaman, hingga bagian dalam gedung itu.

Mansinam for Papua

Di pulau inilah, untuk pertama kalinya Injil pertama kali mendapat tempat. Kini 158 tahun, Injil mengubah peradaban orang Papua.

Pulau Mansinam adalah pulau yang terletak di Teluk Doreh, sebelah Selatan kota Manok­wari/ Luasnya 410,97 Ha. Ia merupakan titik penting pekerjaan zending (misi) di Tanah Papua. Di Pulau ini, tepatnya 5 Februari 1855, dua orang zendeling-werklieden (utusan tukang) dari Jerman, C.W. Ottow dan Johann Gottlob Geissler menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Papua.

Roh Tuhan Allah ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, untuk memberitakan tahun  rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, (Yesaya 61:1-2)