Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Eskalasi bencana alam di Jayapura dan sekitarnya kian meningkat dari waktu ke waktu. Hal tersebut disebabkan berbagai hal, mulai dari kondisi cuaca yang semakin tak menentu, hingga pola hidup masyarakat yang kurang bersahabat dalam menjaga lingkungannya. Banjir dan longsor berulangkali terjadi merenggut korban nyawa dan harta benda yang tak sedikit. Terak­hir, di awal bulan ini, Danau Sentani yang biasanya tenang dan teduh, tiba-tiba meluap dan merendam kampung dan pemukiman warga. Apa yang sebenarnya terjadi?

Air Danau Sentani meluap dan merendam rumah penduduk sekitarnya. Bencana yang tak pernah diduga.

Jumat, awal Maret 2013 menjadi petaka yang tak bisa dilupakan Pit Wally sekeluarga. Hujan lebat yang mengguyur wilayah Sentani dan sekitarnya di malam itu membuatnya tak memancing ikan di Danau Sentani. Pukul 21.00 malam, Pit sekeluarga sudah tidur. Namun tengah malam, ia dan keluarganya terbangun. Kasur tempat tidurnya basah.
“Bangun, bangun, air naik,” kata Pit Wally membangunkan istrinya.

Perjalanan panjang Pilgub Papua kini berakhir. MK menolak semua gugatan Pemohon. Tak lama lagi, gubernur dan wakil gubernur baru dilantik.

Rakyat Papua pantas gembira. Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa petang, 11 Maret 2013 dalam amar putusannya menolak permohonan empat pasangan ca­lon gubernur dan wakil gubernur Papua masing-masing Habel M. Suwae-Yop Kogoya, Menase Robert Kambu-Blasius Adolf Pakage, Noakh Nawipa-Johannes Wop, dan  Barnabas Suebu-John Tabo dalam sidang sengketa Pilgub Papua.

“Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.” (I Korintus (15:14).

Paskah adalah suatu istilah yang seringkali kita dengar. Menurut arti kata ‘Paskah’ adalah kata dalam bahasa Yunani. Dalam bahasa Aram digunakan kata ‘Pasha’. Dalam bahasa Ibrani dipergunakan kata ‘Pesakh’ atau ‘Pesah’ yang berarti ‘melewatkan’ dengan makna ‘Tuhan menyelamatkan’. Awal­­nya, peristiwa Paskah Yahudi merupakan pesta kuno musim semi yang dirayakan oleh para Badui (para gembala). Dalam peristiwa Paskah, para gembala mengorbankan anak-anak domba sulung.

Rabu, 6 Maret 2013, saya bertandang ke Panti Asuhan Kerahiman Hawai, Sentani. Mengunjungi salah satu panti terbesar di Papua.

Jarum jam menunjukkan angka 11 saat saya menapaki jalan masuk ke panti. Dua anak perempuan Papua yang masih me­ngenakan seragam putih biru juga baru tiba di panti. Ketika saya menanyakan ruang pemimpin panti, dengan ramah mereka mengarahkan saya ke sana. Saya pun disambut dengan senyuman oleh pimpinan Panti Asuhan (PA) Kerahiman Hawai, Sr. Maricen Kuayo, SMSJ.

Berawal dari beberapa bibit yang dibawa sang anak dari Yogyakarta. Kini Siepkosi cukup dikenal menjadi penghasil buah naga di Papua.

Langit di atas Kota Wamena pagi itu cukup cerah. Pesawat Avro RJ 100 Walesi Air Service yang saya tumpangi setelah melakukan penerbangan flight pertama dari Jayapura, mendarat dengan tenang di landasan pacu Bandar Udara Wamena. Seperti biasa, suhu Kota Wamena masih terasa dingin dan itu membuat saya harus tetap menggunakan jaket untuk menghangatkan tubuh.

Beberapa tahun terakhir, penembakan beruntun terjadi di Puncak Jaya. Rakyat sipil dan aparat keamanan jadi korban. Bagaimana pengalaman wartawati meliput di wilayah ini?

Pagi itu, telepon seluler saya berdering. Komandan Denintel Kodam XVII/Cendrawasih, Letkol Robelo menelponku. Waktu itu pertengahan Juni 2010. Sang komandan mengajak saya berangkat ke Kampung Kalome, Distrik Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya dengan menggunakan helikopter. Empat hari sebelumnya, seorang anggota Kopassus tertembak oleh anggota Gerakan Pengacau Keamanan (GPK) pimpinan Goliath Tabuni.

Masyarakat Kabupaten Jaya­wijaya dalam waktu dekan akan memiliki mall (pusat perbelanjaan) layaknya seperti di Kota Jayapura maupun kota-kota besar lainnya di Indonesia.
Pusat perbelanjaan berlantai tiga terletak di jantung kota Wamena ini yang diberi nama Mall Kilo Sukarno Doga itu dalam waktu dekat ini akan segera beroperasi.
Pusat perbelanjaan ini merupakan milik pemerintah kabupaten Jayawijaya yang dioperasikan pihak ketiga dengan sistem bagi hasil.

Salah satu agenda penting se­belum berakhirnya masa jabatan Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo, S.Sos. SH, M.Par dan Wakil Bupati John R. Banua, SE pada Desember tahun ini adalah pagelaran Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) se-Provinsi Papua yang berlangsung di Wamena, Juni 2013 mendatang.

Demi meningkatkan SDM, Kabupaten Jayapura sejak 2007 meluncurkan program P5. 

Program Penelurusan dan Pe­ngembangan Potensi Putra Pu­tri Papua (P5) ini dicetuskan oleh mantan bupati Jayapura, DR. Habel Melkias Suwae, S.Sos, MM pada 2007 lalu. Program ini diluncurkan Suwae sejalan dengan Visi Pembangunan Kabupaten Jayapura Tahun 2007-2011 yaitu Terwujudnya Masyarakat Jayapura yang Mandiri Dalam Memenuhi Kebutuhan Dasarnya Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan.

Jumlah pasien RSUD Yowari kian meningkat. Perlu peningkatan pula fasilitas dan SDM demi mencapai mutu pelayanan optimal.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari terletak di Do­yo, Sentani. Senin, 4 Maret 2012, sekitar Pukul 09.30 pagi, Majalah Lani coba menyambangi rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Jayapura ini. Sebagain  pasien tampak sedang mengantri di depan loket pendaftaran.  Sementara itu pekerja medis tengah sibuk  melayani.

Potensi ekonomi Papua sangat menjanjikan sektor UMKM. Sayangnya, rakyat kesulitan modal. Bank Papua hadir memberi solusi.

Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Rakyat (PER) Bank Papua, Sujah Ali mengatakan sejak 2002, Bank Papua telah membina dan memberdayakan masyarakat asli Papua di sektor Usaha Mikro dan Kecil. Ketika itu, mantan Gubernur Papua alm. Jap Solossa dan Rektor Unipa Manokwari, Karafir mencanangkan program pemberdayaan ekonomi khusus bagi masyarakat asli Papua untuk membangkitkan semangat kewirausahaan. Oleh ka­re­na itu, bersama pemerintah daerah, Bank Papua mengalokasikan dana khusus untuk sektor UMKM.

Jika Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi, maka Raja Ampat adalah pusat surga itu. Syukur, saya berkesempatan menikmati keindahannya.

Saya seorang freelancer, biasa melayani jasa untuk menjadi fasilitator dan trainer pada Non Government Organization (NGO). Saya tinggal di Jalan Wiraguna No 10, RT 5, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Musik adalah jiwa manusia. Dengan musik, jiwa dan mental generasi muda Papua bisa diubah.

Wajahnya ramah. Selalu murah senyum. Juga senang melawak alias mop. Sehabis menyantap papeda bersama crew Majalah Lani di Cafe Adonai, Jumat, 1 Maret 2013 siang itu, ia banyak bercerita tentang hidupnya. Tentang musik Papua. Tentang kegelisahannya pada generasi muda Papua di tengah tantangan nilai-nilai budaya.

Tim Persidafon Dafonsoro kini terpuruk di pentas ISL. Berada di dasar klasemen sementara.

Hingga pertandingan ke sebelas, tim kebanggaan masya­rakat Kabupaten Jayapura ini menempati juru kunci klasemen sementara hanya mengoleksi 8 poin di pentan bergengsi Indonesia Super League (ISL). Anak asuh Erens Pahalerang hanya mampu meraih dua kemenangan dari sebelas kali laga, dua hasil seri, dan  tujuh pertan­dingan berakhir dengan kekalahan. Dua kemena­ngan didapat dari Persita Tanggerang dan Persiwa Wamena saat bertindak sebagai tuan rumah.

Tanggal 7 Maret 2013, Kota Jayapura merayakan HUT ke-103 tahun. Dalam kurun waktu ini, telah terjadi kemajuan pesat, juga ada aneka persoalan masih menan­tang. Bagaimana strategi dan kebijakan yang diambil Drs. Benhur Tommy Mano, MM, Putra Asli Port Numbay pertama yang memimpin kota ini? Simak wawancara ekslusif, Tim Redaksi Majalah Lani dengan Walikota BTM di ruang kerjanya, awal Maret 2013 lalu.