Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Selamat Bekerja Buat Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang baru! Ucapan profisiat yang pantas kita sampaikan kepada kedua putra terbaik Bumi Cenderawasih ini. Selasa, 9 April 2013, sejarah baru tertoreh di Tanah Papua. Mendagri Gamawan Fauzi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Lukas Enembe, S.IP.MH dan Klemen Tinal, SE.MM dalam Rapat Paripurna Istimewa DPR Papua di Lapangan Mandala, Jayapura, disaksikan oleh ribuan pasang mata rakyat yang hadir. Paket LUKMEN ini siap memimpin Provinsi

Tanggal 9 April 2013, sejarah telah tertoreh. Rakyat Papua resmi memiliki pemimpin baru. Kini, sejumlah PR menanti, salah satunya sektor kesehatan.

Stadion Mandala Jayapura, Selasa, 9 April 2013 sejak pagi sudah penuh sesak dipenuhi ribuan tamu dan undangan. Dalam rapat paripurna terbuka Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengambil sumpah jabatan Lukas Enembe, S.IP.MH dan Klemen Tinal, SE.MM sebagai gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua periode 2013-2018.

(Refleksi Atas Kepemimpinan Baru Papua 2013-2018)

KETIKA kita memilih seorang pemimpin, siapa yang kita pilih? Apa orang yang paling baik hati? Atau orang yang tegas? Atau orang yang paling jujur? Atau orang yang bagaimana? Apa kualifikasi seorang pemimpin?

Di tengah aneka kendala, mereka tetap berjuang menolong anak-anak yatim piatu dan tak mampu. Cinta kasih jadi spirit utama.

Penghujung bulan, Sabtu 30 Maret. Saya berkunjung ke Desa Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua. Di sana Panti Asuhan (PA)  Sayap Kasih berada.

Asa, doa, dan ketekunan menjadi landasan hidupnya. Ia bersyukur, pertolongan Tuhan selalu hadir untuknya.

Arus lalu lin­tas di se­pan­jang Jalan Ahmad Yani Ja­yapura, tepatnya di depan PT PLN Cabang Papua dan Papua Barat hingga Sagu Indah Plaza agak tersendat. Tak ayal kendaraan roda empat maupun roda dua harus berjalan pelan. Sesekali terpaksa berhenti.

Kampung Abar adalah salah satu kampung yang aktif memproduksi gerabah. Sayangnya, pemasarannya masih menjadi kendala.

Kampung Abar, Distrik Ebumfauw, Kabupaten Jayapura di­kenal sebagai  pusat  gerabah. Saya mengunjungi kampung di tepi Danau Sentani ini pada akhir Maret lalu. Matahari belum mau beranjak, masih  tertutup awan hitam. Gerimis pagi itu tak mengandaskan niatku. Motor yang saya kendarai melaju dari Waena menuju dermaga Kampung Yahim. 

Walau hanya lima hari, perjalanan saya ke Kupang cukup meninggalkan kesan. Alam, makanan, budaya dan sosialnya tak jauh beda dengan Papua. Ramah.

Selasa, 12 Maret 2013 pagi. Mendung menggantung sepanjang jalan menuju Bandara Sentani. Bentangan Danau Sentani bagaikan permadani. Dikelilingi gugusan pulau-pulau yang tak ubahnya lukisan memanjakan mata.

Pemerintah kabupaten Jayawijaya berencana memberikan bantuan kendaraan roda dua dan roda empat bagi para kepala kampung dan kepala distrik seba­nyak 372 unit. Dimana 332 kendaraan roda dua diantaranya diperuntukan bagi 328 kepala kampung dan 4 lurah. Sedangkan 40 unit kendaraan roda empat untuk kepala distrik.

Kabupaten Jayawijaya bakal menggelar pesta demokrasi un­tuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah, bulan Juli 2013 mendatang.  Terkait dengan agenda ini, Bupati Kabupaten Jayawijaya, John Wempi Wetipo, S.Sos,M.Par,MH memastikan akan maju lagi dalam bursa pemilihan bupati.

Sosoknya terlihat berwibawa, tenang, dan tak banyak bicara. Keramahan dan senyuman selalu terpancar dari wajah.

Namanya Hendrika Maryen, S.Pd. Ibu dari lima anak dan bersuamikan Drs. Yosep Rum­bewas ini lahir di Sorong, 23 Fe­bruari 1957. Sejak 2009, ia dipercayakan menjabat sebagai kepala SD Inpres Samofa di Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor.

Banjir kini menjadi musuh yang menghantui para pedagang di Pasar Youtefa. Butuh penanganan serius pemerintah.

Awal 2013 ini lima kali sudah banjir melanda Pasar Baru Youtefa Abepura. Dampaknya sangat dirasakan para pedagang. Bukan untung melainkan buntung.
Sri Hartati (35) seorang pedagang kelontongan di pasar tersebut mengatakan bahwa penyebab banjir adalah letak pasar yang berada di muara. “Selain karena letaknya di muara,  Pasar Youtefa menerima kiriman air dari Jayapura,” ujar Sri.

Kota Fak-fak menyimpan panorama laut dan pantai yang sungguh indah. Sayang untuk dilewatkan jika Anda ke Papua Barat.

Kisah perjalanan yang kutulis ini sebenarnya sudah enam bulan lalu. Namun rasanya sayang jika hanya disimpan dalam hati. Ketika Majalah Lani meng­hubungiku untuk menulisnya, saya pun menyambutnya penuh semangat. Begitu indahnya pengalaman berada di Kota Fak-fak, Provinsi Papua Barat itu, membuat saya tetap mengenangnya hingga hari ini.

KM Papua Baru didatangkan sebagai alat transportasi masyarakat pesisir. Akibat aneka persoalan, kini dibiarkan mengambang di pelabuhan.

Di sebuah pos yang terletak 30 meter dari pelabuhan kapal perintis APO Jayapura beberapa pria dan wanita tengah bercakap-cakap dengan seorang pria paruh baya. Pria paruh baya berpa­kaian biru itu sedang memberikan penjelasan. Sementara beberapa pria dan wanita mengangguk-angguk.
Area pelabuhan perintis APO Jaya­pura tidak memperlihatkan aktivitas bongkar muat barang maupun pe­num­pang seperti biasanya. Kapal perintis seperti KM Papua I, II, dan Papua Baru hanya bersandar di dermaga.

Lika-liku perjalanan sebagai petinju, asam garam sebagai pelatih menjadikan Simon sebagai pribadi yang berkualitas di bidangnya. Baginya dengan mengandalkan Tuhan, segalanya menjadi mungkin.

Beberapa anak kecil sedang asyik bermain di pinggir gang ketika Majalah Lani melintas dengan motor. Tepat di ujung jalan  seorang pria paruh baya tengah duduk di pondok (tempat jual) pinang bagai menanti seseorang.

Saya bukan tipe orang yang haus jabatan. Saya hanya ingin bekerja  dan bekerja. Pimpinan dan Tuhan yang menilai pekerjaan saya.

Kantor Kelurahan Wai Mhorock yang terletak di lintasan Jalan Baru, belakang Pasar Youtefa, Distrik Abepura, sore itu terlihat sepi. Para pegawai sudah pulang. Di bangku panjang, tepat di bawah papan yang memampang visi misi kelurahan, seorang lelaki bertubuh atletis berpakaian dinas menyambut crew Majalah Lani dengan senyum ramah.