Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Tahun 2014 baru merangkak di bulan ketiga. Namun sejak Januari hingga Februari, aneka bencana bermunculan. Mulai banjir tahunan di Jakarta, banjir bandang Manado, letusan Gunung Sinabung-Sumatera Utara, letusan Gunung Kelud di Jawa Timur hingga banjir disusul longsor di Kota Jayapura. Puluhan nyawa melayang. Ratusan miliar harta benda raib seketika.

Rentetan bencana alam melanda Indonesia dari Papua hingga Sumatera. Simpati pun berdatangan untuk membantu para korban, termasuk dari Jayawijaya.

Sabtu, 22 Februari 2014, Kota Jayapura berkabung. Hujan deras mengguyur kota sekitar pukul 21.00 hingga 23.00 WIT memakan korban jiwa. Banjir dan longsor! Luapan air deras dari hulu kali Anafre yang membelah jantung Kota Jayapura, memaksa ribuan warga di sepanjang daerah aliran sungai langsung mengungsi. Air me­luap ke jalan-jalan protokol, ter­utama Jalan Sam Ratulangi, Ahmad Yani, dan Soa-Siu setinggi 1 meter. Melumpuhkan lalu lintas kendaraan di malam itu. Sementara di APO dan Dok V Atas Distrik Jayapura Utara, longsor menimpa rumah. Memakan korban.

Ulang tahun Kota Jayapura ke-104 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2014 merupakan saat yang dinanti-nantikan oleh warga serta pemerinta kota, karena selain ingin merayakannya dengan syukur kepada Tuhan yang telah memeliharanya, warga dan pemerintah pasti akan membuat perencanaan yang baru untuk mewujudkan visi peme­rintah kota dengan mengharapkan sebuah “Kota Sejahtera” di mana warganya makmur, kotanya indah, bersih, hijau, aman dan nyaman, namun tidak semua berjalannya berjalan seperti yang diharapkan.

Kepedulian anak-anak di Kabupaten Puncak untuk mengenyam pendidikan sangat besar. Untuk itu mereka rela meninggalkan kampung halaman dan keluarga tercinta.

Gedung Asrama Mahasiswa Kabupatan Puncak berlantai dua warna oranye di Jalan Poros Sentani, belakang jembatan Kali Warno, siang itu tampak sepi. Tanpa aktivitas. Sebagian besar peng­huninya memang sedang berada di sekolah. Penulis hanya me­nemui beberapa mahasiswa yang juga merupakan  pengurus panti asuhan.

Di tangan Melky, sapi tak hanya berfungsi membiayai pendidikan. Sapi juga menjadi sarana menjaga hubungan antar anggota keluarga.

Tampak dari kejauhan, Melky Tokoro sibuk mengatur 32 ekor sapi peliharaannya. Bapak delapan anak ini hampir tak punya waktu untuk bersantai karena terbiasa bekerja keras. Bila satu hari saja ia tidak beraktivitas, badan terasa sakit.

Kondisi pendidikan di Papua yang masih memprihatinkan. Ia tergugah dan tinggalkan Jakarta dan menjadi guru jalanan di Sentani dan Jayapura.

Postur tubuhnya tampak mungil dengan potongan rambut sebatas leher. Ia selalu mengenakan kaca mata. Dialah Heni Rianawanty namanya, dara berdarah Solo, lulusan STIE Perbanas Jakarta. Berbekal gelar diploma di bidang akuntansi, Heni memberanikan diri terjun ke dunia pendidikan. Hal itu dilandasi kecintaannya berbagi ilmu kepada anak-anak jalanan di rumah-rumah singgah di Jakarta.

Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang. Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan. Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.

Kata-kata mutiara di atas disampaikan oleh seorang ulama yaitu Imam Syafi’i dan menjadi motivasi saya untuk mengikuti program Sarjana Mendidik di Daerah 3T (SM-3T) di Papua. Sejujurnya saya tak pernah membayangkan akan menginjakkan kaki di Bumi Cende­rawasih yang oleh berita-berita media massa selalu menampilkan konflik dan peperangan. Namun kini semua  menjadi nyata. Sungguh beruntung saya bisa mengajar generasi bangsa, mutiara hitam di Tanah Papua.

Gubernur Lukas Enembe, SIP.MH resmi melantik 52 pejabat eselon II dan 152 pejabat eselon III. Mereka tak hanya wajib menerjemahkan visi dan misi gubernur, namun juga melayani masyarakat.

Kabinet Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal akhirnya rampung menyusul dilantiknya 52 pejabat eselon II untuk jabatan asisten, kepala dinas, kepala badan, kepala biro.

Pemilihan anggota legislatif 9 April 2014 mendatang sudah semakin dekat, KPU Jayawijaya kini dihadapkan persoalan dilematis soal aturan baru yang dikeluarkan KPU Pusat.

Aturan baru tersebut menyebutkan dalam pelaksanaan pencoblosan nanti para calon legislatif atau wakil rakyat yang akan duduk di dewan dalam surat suara tidak tercantum gambar atau foto para caleg, hanya nama disertai nomor urut calon dan gambar partai politik.

Salah satu program duet Bupati John Wempi Wetipo,SH.MH dan Wakil Bupati Jhon Banua,SE adalah menjadikan Wamena sebagai Kota Jasa.


Pasangan Bupati John Wempi Wetipo dan Wakil Bupati Jhon Banua kini kembali memimpin Kabupaten Jayawijaya untuk kedua kalinya, periode 2013-2018.
Pasangan yang akrab disapa Jojon dalam 5 tahun pertama, sudah melakukan berbagai gebrakan untuk merubah Kabupaten Jayawijaya lewat berbagai program yang sudah mulai ada hasilnya.

Meski beragam, nyatanya budaya bisa menjadi sarana untuk bekerja sama memperat tali persaudaraan.

Sebagai bentuk apresiasi ter­hadap kepeduliaan pemba­ngunan sosial, budaya dan mem­pererat tali persaudaraan war­ga Kota Bandung dan masyarakat adat Papua Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil, ST.M.UD beserta rombongan mengunjungi Kabupaten Jayawijaya, 28 Februari 2014.

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Distrik Wamena Kota dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, terus menata dan melakukan pembersihan di kota Wamena maupun pasar-pasar tradisional.

Seperti yang dilakukan di Pasar Baru Jibama, 5 Maret 2014, jajaran Distrik Wamena Kota dan Dinas Perindagkop Jayawijaya melakukan pembersihan termasuk menata ulang para pedagang, karena lahan parkir pun digunakan untuk berjualan.

Empat program prioritas diusung Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya di era kepemimpinan Bupati Befa Yigibalom,SE.MSi dan Wakil Bupati Berthus Kogoya,SH.

Empat program strategis tersebut antara lain pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi rakyat. Menurut Bupati Befa, keempat program itu bisa baru bisa dilihat hasilnya dalam tahun ketiga pemerintahan Bupati Befa Yigibalom dan Wakil Bupati Ber­thus Kogoya.

Jumlah siswa pada tingkat pendidikan dasar di Kabupaten Lanny Jaya terus mengalami peningkatan. Hal ini mesti diikuti ketersedian guru termasuk guru kontrak.

Pasca mencanangkan sebagai pemenang pada tingkat pendidikan dasar, Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom SE.M.Si langsung mengejot penyediaan infrastruktur pendidikan berupa pembangunan gedung sekolah-sekolah.

Pemilu legislatif tinggal menghitung hari. Berbagai upaya dikerahkan agar pesta demokrasi itu berjalan dengan aman dan damai.

Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) legislatif di tingkat kabupaten diprediksi rawan menimbulkan konflik. Hal itu me­ngacu pada beberapa Pilkada di kabupaten maupun Kota di Papua.

Jaringan internet kini sudah bisa dinikmati masyarakat di Indawa. Sebuah langkah maju yang dibuat untuk membuka akses informasi.

Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Befa Yigibalom, SE. M.Si meresmikan penggunaan V-Sat Site atau penggunaan jaring­an internet di kompleks sekolah unggulan SD Inpres Indawa, 19 Februari 2014.

Upaya keras dilakukan pemerintah kabupaten Paniai demi memperbaiki predikat dalam pengelolaan keuangan.

Untuk bisa merubah predikat disclaimer menjadi wajar dengan pengecualian (WDP), bahkan menjadi wajar tanpa pengecualian (WTP), Bupati Kabupaten Paniai Hengki Kayame secara resmi melantik dan mengukuhkan Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi atau Majelis Pertimbangan TP-TGR.

Hampir satu tahun Bupati Hengki Kayame, SH.MH dan Wakil Bupati Yohanis You, S.Ag.M.Hum memimpin Paniai sejak dilantik 16 April 2013 lalu. Namun sampai saat ini masih ada isu yang berkembang soal legalitas kepemimpinan keduanya.

Tak mau isu ini terus berkembang di tengah masyarakat, Wakil Bupati Kabupaten Paniai Yohanis You, S.Ag. M.Hum meminta kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil PNS di jajaran Peme­rintah Kabupaten Paniai agar tidak terprovokasi terhadap isu yang tidak bertanggung jawab.

Dinas Kesehatan Kabupaten Paniai terus memberikan pelayanan kesehatan yang baik agar masyarakat terhindar dari berbagai macam penyakit terutama HIV-AIDS.

Hal ini dilakukan Dinas Ke­sehatan Paniai dalam rangka mendukung visi misi Bupati dan Wakil Kabupaten Paniai Hengki Kayame, SH.MH dan Yohanis You, S.Ag.M.Hum untuk Mewujudkan Masyarakat Paniai Yang Sejahtera khususnya di bidang kesehatan.

Ini bukan mimpi. Sebuah sekolah dengan pengajar berkualitas, ruang belajar yang nyaman, dan fasilitas lengkap dengan biaya pendidikan yang sepenuhnya gratis hadir di Papua.

Adalah Sekolah Menengah Atas Negeri Khusus Olahraga (SMANKOR) Papua yang berdiri megah di kawasan Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Kota Jayapura. Sekolah ini khusus didirikan untuk menyemai dan menghasilkan bibit muda potensial di bidang olahraga. SMANKOR berdiri berkat bantuan  Kementerian Pendidikan Nasional. Sampai saat ini di Indonesia bantuan serupa baru diterima oleh tiga provinsi, yakni Jambi, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah. Papua merupakan propinsi pertama yang menyelesaikan  pembangunan sekolah.

Penyakit ISPA menyerang ratusan warga di Merauke. Perubahan cuaca dan sanitasi lingkungan menjadi pemicunya.

Puskesmas Rimba Jaya terletak di pinggiran Kota Merauke ke arah Kampung Wasur. Jarak antara pusat kota ke tempat ini lumayan jauh. Ditempuh sekitar setengah jam dengan taksi. Puskesmas ini sejak dulu dikenal sebagai tempat menampung pasien kusta/lepra. Masih ada sisa bangunan jaman Belanda berdiri kokoh disamping Dinas

Sebanyak empat dari enam kapal penumpang milik PT Pelni yang beroperasi di perairan Jayapura menerapkan peraturan baru yaitu kelas wisata. Apa itu kelas wisata dan bagaimana respon masyarakat selaku pengguna jasa transportasi laut tersebut?

Secara nasional pemberlakuan peraturan baru itu dilakukan serentak di Indonesia termasuk di Papua. Manager Usaha PT Pelni Cabang Jayapura, M. Lutfi Israr Sutan menyatakan penerapan peraturan baru ini bertujuan memberikan keamanan, kenyamanan, serta ketertiban bagi penumpang.

Pendekatan kemanusiaan jauh lebih penting daripada pamer kekuatan. Demikian prinsip yang dipegangnya sebagai pemimpin.

Sosoknya ramah. Murah senyum. Tetapi selalu tegas, cerdas dan tampak berwibawa. Di kalangan wartawan, Brigjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Papua  sangat welcome. Ketika para kuli tinta membutuhaknya menjadi narasumber. Mengkonfirmasi isu dan kejadian terkait keamanan di Papua.

Skuad Persipura mendapat kesempatan lagi untuk berlaga di level Asia dengan mengikuti Piala AFC mewakili Indonesia bersama Arema Indonesia tahun 2014.

Sukses Mutiara Hitam, julukan Persipura ambil bagian dalam ajang Piala AFC tahun 2014 ini berbekal mahkota juara Indonesia Super Liga musim 2012/2013.
Di ajang kompetisi dalam negeri itu, Persipura sukses meraih trofi untuk keempat kalinya. Sebuah pencapaian yang belum bisa diikuti tim-tim Indonesia Super Liga lainnya.
Di Piala AFC kali ini, Feri Pahabol dkk tergabung dalam grup di Grup E bersama wakil Singapura Home United, New Radiant dari Mala­dewa, serta wakil India, Churchill Brothers.

Tanggal 16 April 2014, Bupati Hengky Kayame SH, MH dan Wakil Bupati, Yohanis Youw, S.Ag, M.Hum di Kabupaten Paniai akan genap 1 tahun. Apa saja kemajuan yang sudah dicapai serta program apa yang akan menjadi perhatian pemerintah Paniai ke depan? Tim Redaksi Majalah Lani mewawancarai Bupati Hengky di SwissBelHotel Jayapura, awal Maret lalu. Berikut petikan wawancaranya

Menjelang 1 tahun kepemimpinan, apa saja yang sudah dilakukan Pak Bupati dan wakil di Kabupaten Paniai?
Sesuai dengan visi kami Paniai SEHAT (bidang kesehatan), PINTAR (bidang pendidikan) dan KENYANG (bidang perekonomian), tentu ketiga hal tersebut telah kami lakukan. Dalam rangka itu banyak bidang lain yang terkait erat seperti mewujudkan situasi keamanan dan kondusif serta ketersediaan infrasrtuktur yang memadai juga disiapkan sebagai pendukungnya.