Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Perhelatan akbar demokrasi bertajuk Pemilihan Presiden (Pilpres) akhirnya mengerucut menjadi dua pasang. Setelah hiruk pikuk transaksi dan kalkulasi politik partai-partai pengusung pasca raihan suara di Pemilihan Legislatif 9 April lalu, teka-teki pasangan yang bertarung terjawab sudah. Hanya dua pa­sang yang maju: Prabowo Subianto-Hatta

Mereka saling berpelukan serta memberi ucapan terima kasih kepada para guru yang telah mendidik dan membina hingga dapat menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun lamanya di bangku sekolah menengah atas yang telah dijalaninya.

Rapat Kerja (Raker) II Departemen Pelayanan Perempuan Sinode Gereja Kemah Injil Kingmi di Tanah Papua selama 4 hari akhirnya menghasilkan empat butir rekomendasi.

Inilah empat butir Rekomendasi Hasil Rapat kerja II Departemen Pelayanan Perempunan Sinode Gereja Kemah Injil Kingmi Tanah Papua. Keempat bidang program kerja tersebut adalah Program Doa dan Penginjilan, Daya, Dana dan Data.

Semarak undian hadiah ini dilakukan secara acak dengan mengikuti ketentuan yang berlaku sehingga semua nasabah Bank Papua yang saldonya memenuhi syarat mempunyai kesempatan yang sama untuk memperoleh hadiah yang telah disiapkan oleh Bank Papua.

Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan bakal kembali digelar. Ajang yang mempertemukan petani dan nelayan dalam rangka membangkitkan semangat dan tanggungjawab dalam meningkatkan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Kegiatan ini merupakan pertemuan kontak tani nelayan yang digagas oleh para tokoh tani nelayan sejak Tahun 1971. Melalui penas tersebut petani nelayan dan petani hutan berkesempatan untuk saling mengisi dalam upaya memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani nelayan.

Untuk mewujudkan Kabupaten Tolikara sebagai salah satu daerah tujuan wisata, Pemkab setempat akan menggelar iven olah raga paralayang yang disandingkan dengan festival budaya.

Pemerintah Kabupaten Toli­kara bakal menggelar kejuaraan paralayang yang akan diikuti atlet dari dalam negeri maupun manca Negara maupun Festival Budaya.
“Rencananya iven itu akan digelar pada bulan Agustus 2014, sekitar tanggal 4 hingga 6 mendatang,” ucap Wakil Bupati Tolikara Amos kepada Majalah Lani usai pelantikan pengurus Himpunan Pramusaji Indonesia di Hotel Said bilangan Entrop Distrik Jayapura Selatan, 17 Mei 2014.

Sebagai wujud kepedulian agar masyarakat bisa men­dapatkan pelayanan kesehatan yang baik, Bupati Tolikara Usman Wanimbo berke­sem­patan meresmikan klinik Papua Harapan di Distrik Kembu.

Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mappi tahun anggaran 2014 sesuai kebutuhan riil daerah dan masyarakat.

Sidang pembukaan penetapan APBD Kabupaten Mappi Tahun anggaran 2014 dilaksanakan di gedung Serba Guna Bawape di Kepi, 23 Mei 2014.
Bupati Mappi, Stefanus Kaisma, S.Sos dalam pembukaan sidang mengatakan meski penetapan APBD Kabupaten Mappi tahun ini agak telat, tapi kebijakan APBD Tahun anggaran 2014 tetap sesuai kebutuhan dan kondisi riil masyarakat.

Sebanyak 25 anggota terpilih DPRD Kabupaten periode 2014 hingga 2019 akhirnya ditetapkan KPUD setempat. Tugas berat kini ada di pundak mereka.

Anggota DPRD periode 2014-2019 berubah drastis dibanding periode sebelumnya. Pasalnya dari 25 wakil rakyat itu,tercatat 19 merupakan wajah baru. Sedang 6 sisanya adalah pemain lama.

Pemkab Mappi tetap memaksimalkan program-program prioritas, walau banyak usulan program masyarakat belum terakomodir dalam APBD Mappi 2014.

10 Raperda yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Mappi dalam sidang Paripurna DPRD masa sidang III tahun 2014 di Kepi terdiri dari 1 Raperda APBD Kabupaten Mappi 2014 ditetapkan menjadi Perda APBD Kabupaten Mappi 2014 dan 9 Raperda Non APBD yang diusulkan berhasil ditetapkan menjadi Perda non APBD Kabupaten Mappi 2014. 

Di usianya yang ke-35 tahun, STT Baptis bertekad menghasilkan lulusan-lulusan yang siap melayani Tuhan di medan pekabaran injil.

Untuk melahirkan pelayan-pelayan Tuhan yang siap mencari jiwa-jiwa yang perlu diselamatkan hingga pelosok Papua, Sekolah Tinggi Teologi (STT) Baptis Papua semakin berbenah diri. Sarana prasarana sekolah yang selama ini kurang memadai dan menjadi pergumulan, terjawab sudah tahun ini.

Papua kaya akan hasil laut berupa ikan. Tetapi di Jayapura, untuk menikmati rasa ikan nan gurih butuh kocek lebih. Harganya melambung tinggi.

Menurut nelayan jaring di Hamadi, Jayapura, Zainal (25) yang telah 10 tahun bekerja sebagai nelayan, harga ikan yang mahal di pasar disebabkan hasil tangkapan yang berkurang. “Hal itu berkaitan dengan angin barat yang terjadi pada bulan Desember hingga Maret, ditandai dengan angin kencang dan ombak besar, kadang disertai hujan deras. Lebih baik saat angin timur, cuacanya teduh sehingga bisa memperoleh tangkapan yang berlimpah,” ujar Zainal kepada Majalah Lani di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Hamadi.

Baginya, melayani Tuhan adalah panggilan hidup. Memegang prinsip ini membuatnya menolak tawaran-tawaran lain yang menghampirinya.

Sosoknya ramah, bersahaja. Kesan itu dirasakan Majalah Lani yang menemuinya tengahan Mei 2014 lalu di Kampus Sekolah Tinggi Theologi (STT) Baptis Papua di Kotaraja. Pendeta Meson Yigibalom, S.Th.MA, adalah ketua di kampus itu. Ia sudah 3 tahun memimpin di kampus yang telah menelorkan pemimpin-pemimpin gereja maupun pemimpin daerah di Papua.

Panorama pantai selalu membuat siapapun tertarik. Apalagi di kawasan Indonesia Timur, khususnya Papua, pantainya masih tampak alami dan bersih. Saya menemukannya itu di Tablanusu, Kabupaten Jayapura.

Matahari membakar Kota Jayapura. Teriknya menyengat orang-orang di jalanan. Mobil Inova milik sahabat yang menjemput saya di Terminal Waena tiba sekitar jam 11.30 siang. Ditemani lagu-lagu melankolis Shandy Betai, kami meluncur ke arah Sentani. Rasa gerah kini terbayar oleh AC mobil.

Senandung suling tambur nan merdu. Mengisi perayaan adat, pesta budaya, hingga menjadi musik penghiburan bagi keluarga yang berduka. Tertawa, bergembira, mengiris hati, sendu. Sekali mendengar, ingin mendengar lagi.

Berbicara mengenai suling tambur tidak terlepas dari pekabaran Injil yang dirintis oleh Carl William Ottow dan Johann Gottlob Geissler. Penehas Moman, guru asal suku Busami yang menetap di Kepulauan Yapen menjelaskan Ottow dan Geissler datang ke Tanah Papua pada 5 Februari 1855. Karena karakter kesukuan yang berbeda-beda, mereka membutuhkan bantuan guru-guru yang berasal dari Ambon dan Sanger. Setiap daerah di Papua memiliki suling tambur dengan ciri tersendiri. Namun tetap berada pada koridor yang sama yakni memperindah alunan doa. “Selain itu menjadi sebuah budaya, terlebih untuk masyarakat di Sentani,” tutur Penehas yang berusia 60 tahun.

Usai menjalani libur beberapa pekan, gelaran kompetisi Divisi Utama putaran kedua musim 2014/2015 kembali diputar. Seba­nyak 73 kontestan yang dibagi dalam 8 grup mulai saling berjibaku menjadi yang terbaik agar bisa lolos ke babak 16 besar.

Dari 8 grup yang ada, salah satu grup yang panas adalah grup 8 yang dihuni tim-tim asal Papua dan Papua Barat. Di grup 8 bercokol tim-tim seperti Persiwa Wamena, Persewon Wondama, PSBS Biak, Persegubin Pegunungan Bintang, Persifa Fakfak, Yahukimo FC, Perseka Kaimana, dan Persidafon Jayapura.

Komitmen Sejahterakan Ibu dan Anak Puncak

Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak, ia menaruh perhatian khusus pada pendidikan dan kesehatan anak-anak. Di matanya, dua sektor ini sangat vital tapi masih sangat memprihatinkan.

Dia adalah Elpina Kogoya Wandik, A.Md.Kep, istri dari Bupati Puncak Wellem Wandik. Sederhana, humoris dan supel adalah kesan pertama saat bertemu wanita hitam manis ini. Kepada Majalah Lani, anak kedua dari lima bersaudara ini bercerita tentang karier, kehidupan keluarga, hingga kepeduliannya akan ibu dan anak-anak di Kabupaten Puncak.

Hajatan politik pilpres tinggal menghitung hari. Presiden baru menjadi asa bagi masa depan Papua yang lebih sejahtera, damai, dan bermartabat. Siapa kandidat yang sanggup merebut hati rakyat di pulau kepala burung itu?

DUA pasangan calon presiden, Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dan Prabowo Subianto-Hatta Ra­djasa, seperti magnet. Dua pasang­an ini mampu menghipnotis ribuan pasang mata saat deklarasi di dua tempat berbeda dan ditayangkan langsung televisi. Deklarasi duet Jokowi-JK berlangsung Senin, 19/5 di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat.

PEMILU 2014, menyisakan berbagai persoalan psikologis dalam diri masyarakat, terutama mereka yang terlibat langsung, baik sebagai calon anggota legislatif, anggota panitia pemungutan suara (PPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS), maupun KPU di  kabupaten/kota, provinsi dan  tingkat Pusat.

Panti Asuhan Bisau

Guna menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk suku Ketengban, Panti Asuhan Bisau didirikan. Walau dihadang beragam persoalan, panti ini terus berjalan.

30 Mei 2014 pukul 09.00 WIT penulis berkunjung ke Panti Asuhan (PA) Bisau. Panti tersebut khusus dihuni suku Ketengban dari Pegunungan Bintang. PA Bisau berlokasi di Jalan Ifar Gunung Toladan, Sentani. Tidak banyak yang mengetahui keberadaan panti itu sehingga belum ada satupun donatur yang singgah di sana. Bangunan panti, papan nama, dan fasilitas di dalamnya tampak usang.

Sabar dan tekun mengolah kulit biya menjadi kapur. Baginya landasan hidup ini adalah cinta kasih kepada sesama. Segala sesuatu tak selamanya diukur dengan materi.

Akhir April lalu penulis bersama seorang teman mendatangi perbatasan antara Kehiran I dan Toware Kampung Yoboi, Sentani. Kami menuju kediaman nenek gunung. Di usia 67 tahun, senyum lebar yang khas selalu mewarnai wajahnya, ramah dan hangat. Nenek gunung adalah panggilan akrab yang diberikan masyarakat di Kehiran dan

 

Pada Februari 2014, saya melakukan perjalanan ke Republik Kepulauan Fiji. Sebuah negara tetangga dengan kultur yang mirip dengan Papua.

Saya menyeberang perbatasan RI-PNG usai melapor di kantor imigrasi. Dengan sepotong surat berlabel visa turis, dalam waktu lima menit, saya sudah menumpang taxi yang melaju kencang melewati kampung, Musu, Yako, Waromo, Lido, dan Vanimo menuju bandara. Pesawat Air Nugini nomor penerbangan 084 yang diawaki kapten Kelykely membawa saya terbang bersama ratusan penumpang lainnya, melewati bandar udara Jacson, Port  Moresby, Honiara (Solomon Islands) menuju Republik Fiji.

 

Sosoknya sederhana. Ia penuh kasih. Dia banyak membantu kami dalam penerbangan untuk melayani.

Tanggal 2 Mei 2014, Tim Baliem Mission Center (BMC) kembali melakukan perjalanan ke Esrotnamba. Pelayanan rutin dua bulanan ini ditempuh tim BMC dari Wamena menggunakan pesawat Caravan milik Mission Aviation Fellowship (MAF) dengan Pilot Doglas. Saya, dr. Mia Rumateray, bersama dr. Yoki Chandra, perawat Hosea Kuan, kepala tukang Johnly, serta manajer ekonomi Befer berangkat. Perjalanan ditempuh selama  kurang lebih 1 jam 20 menit. Tim tiba di Nabire pukul 12.10 WIT.

Sektor kesehatan menjadi salah satu prioritas dalam visi dan misi Gubernur Lukas Enembe, SIP.MH dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, SE.MM. Berbagai gebrakan diluncurkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Tak bisa dipungkiri, masih tingginya angka kematian ibu dan bayi. Begitu pun dengan minimnya asupan gizi ibu dan bayi, serta tingginya angka kasus HIV/AIDS masih membelit Papua hingga saat ini.  

Pemerintah Provinsi Papua menseriusi penanganan buah merah sebagai salah produk unggulan Papua untuk menembus pasar di luar Papua maupun dunia.

Langkah itu sudah dimulai dengan melakukan kerja sama dengan Surya Institute dalam memproduksi buah merah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman.
Untuk memperkenalkan produk asli Papua itu kepada masyarakat Indonesia maupun luar negeri sudah dilakukan berbagai promosi di Jakarta dalam berbagai iven.

Wakil Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Mr. Daniel Derzic beserta rombongan mengunjungi Kota Wamena untuk melakukan pertemuan dengan Bupati Jayawijaya dan stakeholder lainnya.

Rombongan Wakil Duta Besar Swiss tiba di Bandara Wamena 7 Mei 2014. Mereka  langsung menuju ke Kantor Bupati, guna melakukan pertemuan dengan Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo,SH.MH bersama Sekda, Yohanes Walilo, Kapolres Jayawijaya serta Kasdim 1702/Jayawijaya.

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mulai minggu ini menerapkan Instruksi Bupati Kabupaten Jayawijaya Nomor 02 Tentang Penutupan Semenetara Kegiatan Usaha Perdagangan dan Usaha Lainya pada hari Minggu dan hari-hari Besar Keagamaan.

Dalam instruksi Bupati ini, memerintahkan kepada para pelaku usaha berbentuk rumah toko (Ruko), super market, mini market, kios, rumah makan, warung makan, pasar sentral, pasar tradisional, dan unit usaha lainya di Kota Wamena untuk pada hari minggu maupun hari besar keagamaan tidak melakukan aktivitas perekonomian.

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya bertekad mewujudkan Kota Wamena yang bersih jauh dari sampah. Salah satunya adalah membentuk Satgas Kebersihan.

Langkah tersebut diambil pemerintah setempat ber­dasarkan Perda tentang Ke­bersihan yang sudah dite­tapkan sebelumnya.
Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo, SH.MH mengatakan, dengan pembentukan Satgas tersebut maka pihaknya akan melakukan penindakan secara tegas kepada para warga yang membuang sampah secara sembarang.

Warga Maluku di Pegunungan Tengah Pa­pua, memadati Gedung Ukhumiarek Asso Wamena, sementara Pattimura muda berkeliling kota Wamena sambil membawa obor disertai dengan tari Cakalele yang merupakan tarian perang tradisional Maluku.

Tari Cakelele dimainkan penari pria dan wanita, kostum didominasi warna merah, para penari pria memakai celana merah dengan ikat kepala warna merah, ditangan kanan terdapat parang dan tangan kiri ada salawaku atau perisai.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memasukan Kabupaten Lanny Jaya, sebagai salah satu nominator terbaik dalam pengelolaan guru-guru dari program Sarjana Mendidik daerah Terluar, Terpencil dan Terdepan (SM3T) di seluruh Indonesia.

Kabar gembira itu disampaikan satu staf Dirjen Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Malvin Elzamani saat menghadiri puncak peringatan Hardiknas tingkat Kabupaten Lanny Jaya di halaman Kantor Bupati, 2 Mei 2014.

Sebanyak 240 Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kabupaten Lanny Jaya mengikuti Diklat Prajabatan Golongan II dan III di Balai Diklat Kabupaten Jayawijaya.

Dalam sambutan Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe,SIP.MH yang dibacakan oleh Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Befa Yigibalom, SE.M.Si mengatakan, penyelenggaraan Diklat Prajabatan bagi CPNS pada dasarnya ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, keah­lian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi oleh keperibadian dan etika yang mulia.

Pemerintah Kabupaten lanny Jaya melalui Bagian Kesra Setda Lanny Jaya mulai menyalurkan bantuan Beras Miskin (Raskin) kepada masyarakat di Kabupaten Lanny Jaya.

Bantuan Raskin ini diserahkan secara simbolis dari pihak Bulog kepada Wakil Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Berhus Kogoya, didampingi Kepala Bagian Kesra Setda Lanny Jaya dan selanjutnya diberikan kepada masyarakat, 13 Mei 2014.

Berbagai upaya dilakukan SM-3T untuk membantu Pemkab Lanny Jaya dalam memberantas buta aksara.

Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal LPTK Universitas Negeri Medan (SM-3T UNIMED) yang di tempatkan di seluruh Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua akan menggelar Ge­rakan Membaca 1.000 Anak Lanny Jaya (Gema 1.000 Anak) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) pada tanggal 2 Juni 2014 mendatang, dalam rangka menyambut Hari Anak Internasional.