Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Salam jumpa lagi buat pembaca setia Majalah Lani di seluruh Tanah Papua. Dalam dua edisi terakhir, kami coba menata design artistik majalah kesa­yangan kita. Dengan keterbatasan crew redaksi dari sisi kuantitas dan kualitas, kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyajikan berita-berita yang inspiratif dan berdampak positif bagi pembaca sekalian.

 

55 Caleg terpilih DPR Papua periode 2014-2019 sudah ditetapkan oleh KPU Provinsi Papua, bahkan dikuatkan de­ngan putusan Mahkamah Konstitusi. Kini masyarakat Papua menunggu kinerja para wakil rakyat ini.

Dua kendaraan taktis milik Polda Papua terlihat parkir rapi di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua. Sejak pukul 07.00 WIT seratusan lebih personil POLRI dan TNI berpakaian lengkap dengan peralatannya terlihat berjaga-jaga.

Untuk mencapai tujuan pembangunan maka mo­dernisasi mutlak harus dilakukan. Sementara itu modernisasi yang ideal dipacu oleh semangat sekuler. Dengan demikian dapatlah dimengerti bahwa sekularisasi sebagai proses sementara berlangsung dan sebagaima modernisasi membawa dampak positif dan negatif. Demikian juga sekularisasi mengandung dampak positif dan negatif.

Cetak Perempuan Papua Berkualitas

Jalur pendidikan berpola asrama terbukti menghasilkan wanita Papua yang sukses. Mereka juga aktif melayani di gereja.

Demikian intisari pengalaman Milka Wihelmina Wally. Perempuan berusia 68 tahun itu pernah tinggal di Asrama Putri GKI Dorkas 50 tahun silam. Segudang tugas dan tanggung jawab sebagai pengasuh sekaligus pemimpin asrama diembannya. Selepas dari asrama, Milka yang berasal dari Sentani bekerja sebagai guru di Pusat

Pekerjaan unik ini dilakoninya sudah bertahun-tahun. Menjadi tukang ojek perahu. Mengantar penumpang ke perkampungan di seberang Danau Sentani.

Suasana Dermaga Yahim di tepian Danau Sentani sore itu tampak ramai. Puluhan masyarakat antri menunggu perahu Johnson yang akan menye­berangkan mereka ke seberang danau. Mereka duduk menunggu hingga perahu itu satu per satu terisi oleh penumpang. Sambil menunggu, ada yang terlihat ngobrol sambil mengunyah pinang dan sirih.

Peninggalan bersejarah ini diabadikan dalam sebuah tugu yang terletak di atas bukit. Didukung pemandangan yang memukau, tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

Tanggal 8 Juni 2014, waktu menunjukkan pukul 12.06 WIT. Bersama seorang teman, penulis menuju Ifar Gunung. Di ketinggian 325 meter di atas permukaan laut, terdapat situs bersejarah Tugu Mac Arthur yang sarat akan nilai sejarah. Beberapa saat kemudian kami tiba di pos penjagaan. Karena telah memasuki kawasan Resimen

Mendarat Darurat Di Tepi Danau

Untuk pertama kalinya penulis diajak oleh Tim Medical BMC mengunjungi Esrotnamba, salah satu kampung terasing di pedalaman Kaimana, Papua Barat. Menikmati sensasi berada di udara untuk beberapa saat.

Keberangkatan penulis ke Wamena pada 11 Juni 2014 lalu sebenarnya untuk memenuhi janji menemui Sekretaris Daerah Kabupaten Jayawijaya, Yohanes Walilo. Setelah menye­lesaikan tugas, dr. Maria Rumateray mendatangi penulis di hotel yang ditempati penulis. Ia menanyakan kesiapan penulis bergabung bersama tim Baliem Mission Center (BMC) menuju Esrotnamba.

Provinsi Papua menyimpan kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Ini menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan modalnya.

Dengan kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah, baik itu dari segi pertanian, pariwisata, peternakan hingga minyak dan gas maupun tembaga, menjadikan Provinsi Papua merupakan daerah pengembangan investasi yang tepat bagi para investor atau pelaku usaha.

Perkembangan penyakit HIV-AIDS terus mengalami peningkatan. Pemerintah Amerika pun terpanggil ikut membantu penanganan penyakit ini di Jayawijaya.

Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake berkesempatan mengunjungi Kabupaten Jayawijaya, 11 Juni 2014.
Dalam lawatannya di Kota Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya rombo­ngan duta besar Amerika Serikat langsung melakukan kunjungan ke Klinik Kalvari, Wamena, setelah

Tak netralnya anggota KPU dalam menjalankan Pileg 9 April lalu berbuntut panjang. Para penyelenggara pemilu itu diminta mundur.

Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo, SH.MH yang juga selaku pembina politik di daerah tersebut, meminta agar anggota KPU Jayawijaya membuat pernyataan secara sukarela untuk mengundurkan diri sebagai anggota KPU Jayawijaya.

Festival Seni dan Budaya Melanesia yang digelar di Port Moresby, Papua New Guinea menjadi sarana tepat untuk membangun kerja sama dengan negara-negara serumpun.

Pemerintah Provinsi Papua mendapat kesempatan me­wakili Indonesia mengikuti Melanesia Festival Art & Culture (Festival Seni dan Budaya Melanesia) di Port Moresby, ibu kota negara Papua New Guinea (PNG), 1 Juli 2014.

Perwakilan PBB bakal meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan Pemkab Jayawijaya.

Rombongan perwakilan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PPB) yang terdiri dari badan dunia diantaranya UNDP dan UNICEF, 4 Juni 2014 mengunjungi Kota Wamena.
Dalam kunjungan itu, perwakilan PBB menggelar pertemuan dengan pemerintah Kabupaten Jayawijaya guna membicarakan sejumlah program percepatan peningkatan

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya bersama Polres Jayawijaya terus melakukan berbagai upaya untuk memberantas peredaran minuman keras (miras).

Seusai menggelar upacara HUT Bhayangkara ke-68, Polres Jayawijaya menggelar pemusnahan ribuan botol minuman keras berbagai merek di halaman Mapolres Jayawijaya, 1 Juli 2014.

Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), setelah berhasil menciptakan dua rekor di bidang pendidikan.

Dua rekor MURI diraih se­­telah pemerintah Ka­­bupaten Lanny Jaya ber­hasil menciptakan rekor penulisan harapan dan impian dari anak-anak SD yang dituangkan dalam media dedaunan.

Upaya pemerintah Kabupaten Lanny Jaya untuk menjadi pemenang pendidikan di tahun 2016, mendapat sambutan positif dari International Business Machines (IBM).

Apresiasi perusahaan berpusat di Jakarta tersebut diwujudkan dengan memberikan bantuan berupa 6 unit komputer yang dikhususkan bagi anak-anak PAUD dan SD di Lanny Jaya. Bantuan ini merupakan program dari IBM Kids Smart Computer.

Untuk mencapai target menjadi pemenang pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lanny Jaya terus melakukan berbagai terobosan-terobosan.

Salah satu terobosan yang dilakukan diantaranya membangun hubungan kerjasama dengan sejumlah pemerhati pendidikan dalam menyediakan tenaga pengajar dan pendidik.
Pasalnya salah satu kendala dalam bidang pendidikan adalah minimnya guru yang mau mengajar di kabupaten-kabupaten baru seumur jagung seperti Lanny Jaya.

Wahana Visi Indonesia (WVI) Cluster Jayawijaya bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan Lanny Jaya menggelar jambore guru untuk peningkatan kualitas para pendidik.

Jambore guru yang digelar di Distrik Pyramid, Kabupaten Jayawijaya diikuti guru-guru dari Kabupaten Jayawijaya dan Lanny Jaya, 9 Juni hingga 12 Juni 2014.
Kegiatan buat para pahlawan tanpa tanda jasa itu dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait.

Akses untuk mendapatkan layanan publik dari pemerintah seperti kesehatan dan pendidikan menjadi sangat sulit bagi ribuan warga yang mendiami sepanjang pinggiran kali Degewo.

Mereka kesulitan karena belum ada tenaga perawat dan pendidik di wilayahnya. Padahal fasilitas Puskesmas dan Sekolah dasar telah dibangun pemerintah Kabupaten Paniai. Kurang lebih 18 tahun tepatnya sejak lahirnya Kabupaten Paniai pada 1996 lalu hingga 2014, warga di kawasan pertambagan emas Degewo Paniai belum sepenuhnya tersentuh pembangunan.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Paniai merosot lebih dari 50 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Pemkab pun berupaya keras mengali potensi-potensi untuk meningkatkan PAD.

Sebelum tahun 2008, pen­dapatan per tahun Paniai mencapai Rp 14 miliar. Kini menurun hingga Rp6 miliar. Merosotnya PAD itu disebabkan belum adanya peraturan daerah yang mengikat selama lima tahun.

Peringatan hari kemerde­ka­an Republik Indonesia ke-69 di Kabupaten Paniai bakal semakin semarak menyusul telah disiapkannya berbagai kegiatan oleh panitia.

Peringatan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-69 masih sebulan lagi. Namun pemerintah Kabupaten Paniai telah membentuk panitia untuk memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dengan menggelar berbagai kegiatan seperti lomba dan pertandingan menjelang puncak peringatan.

Penyuluh pertanian merupa­kan salah satu elemen penting untuk meningkatkan pengetahuan petani menuju kemandirian masyarakat tani.

Perkembangan Penyuluhan di Indonesia mengalami banyak kemajuan, sesuai dengan tuntutan masyarakat tani, dalam rangka pencapaian tujuan penyuluhan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Pos keamanan zaman kolonial Belanda yang didirikan dalam rangka pengamanan aktivitas pengayauan suku-suku di Mappi masa lalu, memiliki nilai-nilai bersejarah.

Kebiasaan mengayau demi tuntutan adat dan status social di masyarakat ketika itu yang dinilai bertentangan dengan ajaran agama dan hukum, perlahan mulai berhenti, tak lepas dari peran Mappi Pos.

Banyak SD di kampung-kampung di Mappi kegiatan belajar mengajarnya tidak berjalan. Selain kurangnya guru juga perilaku malas dan sering minggat menjadi penyebab.

Pembangunan sektor pendidikan salah satu program prioritas Pemerintah daerah Kabupaten Mappi. Meretas pelbagai ketertinggalan dan keterbelakangan yang masih menjerat daerah ini akan terjawab bila tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.

Kurang lebih 75 tahun lalu, orang Mappi resmi menerima agama Katolik yang ditandai dengan penerimaan sakramen pembaptisan ribuan muda mudi Mappi di kampung Yatan.

Peristiwa bersejarah itupun diabadikan dengan mendirikan sebuah Salib, sebagai  simbol bahwa benih iman, nilai ajaran baru iman katolik yang ditaburkan para misionaris MSC bersama guru-guru perintis dari Key tegak berdiri hingga saat ini di Yatan.

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tolikara ke-12 diperingati dalam ibadah syukur bersama Pemerintah, TNI POLRI, Perbankan, para pelayan, pendeta dan masyarakat.

Dalam ibadah syukur ini dihadiri ribuan masyarakat, 12 Juni 2014. Peringatan HUT ini mengangkat tema : Lakukanlah Segala pekerjaan dalam Kasih (1 Korintus 16 : 14) dan sub Tema : Melalui HUT ke-12 Kabupaten Tolikara, kita dituntut untuk melakukan segala pekerjaan kita berlandaskan kasih demi terwujudnya masyarakat Tolikara yang religius, maju, Mandiri dan sejahtera.

Pemerintah Kabupaten Tolikara tetap memberikan perhatian bagi 400 warga yang rumahnya terbakar akibat konflik Pilkada, 2 tahun silam.

Bantuan berupa bahan bangunan tersebut diserahkan secara langsung oleh  Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE. MSi  yang diterima secara simbolis kepada empat orang perwakilan para korban di Kimibur Karubaga, 28 Juni 2014.

Berbagai upaya dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tolikara untuk meningkatkan jumlah warga yang mengurus E-KTP.

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tolikara, kepemilikan e-ktp mencapai 700 jiwa. Jumlah ini memang dirasakan masih sangat kurang.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupa­ten Tolikara, Mathius P.B. Pasang, SE mengatakan untuk meningkatkan jumlah warga untuk memiliki e-ktp, maka dinas memberikan kemudahan-kemudahan bagi warga.

Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-68 pada 1 juli 2014, Polres Tolikara menggelar berbagai kegiatan termasuk gerak jalan santai.

Gerak jalan santai ini diikuti masyarakat umum dengan memulai start dari halaman Polres Tolikara, mengambil rute jalan utama keliling Kota Karubaga dengan jarak tempuh 2 kilometer dan berakhir kembali di halaman Polres Tolikara, 24 Juni 2014 di Karubaga.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi telah mencanangkan Kurikulum 2013 untuk diterapkan pada tingkat SD, SMP dan SMA/SMK mulai tahun 2013.

Pencanangan kurikulum 2013 atau pendidikan berbasis karakter dilaksanakan di Bantul Provinsi Yogyakarta, 15 Juli 2013 silam oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh.Sejak saat itu, kurikulum 2013 mulai diterapkan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Kurikulum 2013 sendiri merupakan penganti kurikulum  tingkat satuan pendidikan yang sudah digunakan sejak tahun 2006 lalu.

Setiap tahunnya jelang bulan puasa permintaan sejumlah bahan pokok meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Terlebih tahun ini bulan puasa bertepatan dengan Pilpres. Bagaimana persiapan pelaku usaha? Bagaimana Disperindagkop menyikapi hal tersebut?

Sumarni, pedagang telur di Pasar Baru Youtefa, Abepura menyampaikan telur selalu dibeli orang. Selain murah, telur bisa dimanfaatkan untuk segala kebutuhan. Kendati demikian, harga telur bisa melambung ketika memasuki hari raya keagamaan.

Layaknya kota-kota besar di Indonesia, masalah kemacetan juga menjadi pemandangan sehari-hari di Kota Jayapura.

Tingginya pertumbuhan kendaraan tidak sebanding dengan ruas jalan yang tersedia memberi kontribusi  terjadinya kemacetan.
Beberapa titik yang kerap menjadi langganan macet adalah di kawasan Expo Waena depan Saga Waena Distrik Abepura, Hola Plaza, Saga Mall, Ramayana Distrik Abepura, Jalan Raya Entrop depan SMAN 4 Distrik Jayapura Selatan.

Tifa sebagai benda budaya mengandung warisan nilai kesenian. Mungkinkah generasi mendatang mengenal tifa yang merupakan simbol identitas kehidupan?

Tifa telah menyatu dengan masyarakat Papua jauh sebelum mereka mengenal tulisan. Alat musik pukul khas Indonesia bagian timur itu berusia lebih tua dari suling tambur dan alat musik lainnya. Tifa menyerupai gendang dan terbuat dari kayu dengan lubang di bagian tengah. Lubang tersebut ditutupi kulit rusa yang dikeringkan.

Darah Papua yang mengalir dalam dirinya menggerakkan ia bersama beberapa rekan memberantas kebodohan. Ia tidak tega melihat bocah-bocah tak berdosa memiliki masa depan suram karena tak sekolah.

Sara Joumilena dilahirkan di Tanah Merah, Jayapura pada 26 Mei 1979. Buah cinta pasangan Julianus Joumilena dan Dorkas Wally. Sara lulus dari program D3 Elektro ISTJ Jayapura. Saat ini ia bekerja di Pemda Kabupaten Jayapura.

Papua gudangnya pemain sepak bola berbakat. Hanya saja dalam 2 tahun terakhir tak ada lagi pemain Papua di Timnas junior.

Tim nasional (Timnas) sepak bola Indonesia tak pernah lepas dari pemain-pemain asal Papua. Sumbangan pemain bagi Timnas tidak pernah terputus sejak era 80an. Nama-nama semisal Rully Nere, Noach Maryen, Ronny Wabia, Chris Yarangga, Elia Aiboy hingga generasi Boaz Solossa selalu menjadi langanan Timnas.


Saya Cinta Rakyat Papua

Hampir 2 Tahun bertugas sebagai Kepala Kepolisian di Papua, membuat Irjen Pol. Drs. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D mengaku mendapat berbagai pengalaman luar biasa dan menorehkan berbagai kisah suka dan duka yang akan selalu dikenang sepanjang hidupnya.

Akhir Juni lalu, di jelang HUT Bhayangkara ke-68, Majalah Lani menyambangi ruangan pria yang akrab disapa Pak Tito ini. Sosok Kapolda berusia terbilang muda ini menyambut wartawan dengan penuh ramah. Akrab. Sejak 21 September 2012, Tito dilantik oleh Kapolri Jenderal Timur Pradopo sebagai Kapolda Papua, menggantikan Irjen. Pol. Drs Bigman Lumban Tobing.