Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Pilpres sudah usai. Salam satu dan dua jari sudah berakhir. Kini yang tinggal adalah salam tiga jari: persatuan Indonesia. Sesudah sebulan lebih rakyat Indonesia terpecah-pecah dalam pilihan politiknya, Selasa, 22 Juli 2012, Komisi Pemilihan Umum Pusat telah

Penandatanganan kontrak kinerja bagi setiap SKPD sebagai bukti keseriusan Pemkab Lanny Jaya meningkatkan target kinerja pegawai.

Untuk memastikan masing-masing pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di kabupaten Lanny Jaya benar-benar melaksanakan tugasnya dengan maksimal, maka 7 Juli 2014 dilakukan penandatanganan kontrak kinerja.

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lanny Jaya tahun 2014 ini bakal mengalami kenaikan signifikan.

Tercatat APBD tersebut bakal naik hingga Rp 990.129.138.168 atau 14,52 persen. Anggaran tersebut terdiri dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp594.234.876.000, Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 157.960.350.000, Dana Otsus sebesar

Kelompok sipil bersenjata (KSB) kembali beraksi di Kabupaten Lanny Jaya, 1 Agustus 2014 lalu. Dua orang anggota polisi tewas dalam kejadian itu, sedang enam orang rekannya mengalami luka-luka.

Aksi penembakan yang dilakukan KSB terhadap anggota kepolisian sudah sering kali dilakukan. Korban dari pihak kepolisian juga sudah mencapai puluhan.

Untuk kesekian kalinya Pasar Enarotali menjadi sasaran empuk si jago merah. Kebakaran itu mengakibatkan belasan rumah kios hangus terbakar.

Sebelumnya, kebakaran di kompleks pasar Enarotali itu terjadi pada Maret 2008, Januari 2012, dan terakhir 17 Juli 2014. Pemicu kebakaran pun beragam mulai dari lilin, kompor dan yang baru saja terjadi akibat korsleting listrik.

Presiden terpilih sudah ditetapkan: Jokowi! Lalu bagaimana nasib Papua di tangan presiden baru ini?

KEDIAMAN pribadi Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung pada Kamis, 24 Juli 2014 malam, nampak tak seperti biasanya. Rumah menteri yang juga pengusaha nasional itu disambangi sejumlah tamu istimewa. Tamu istimewa dimaksud

Mengucapkan dan mendengarkan kata “Merdeka” bukanlah sesuatu yang asing, karena kita adalah bangsa merdeka dan sekarang sedang menyiapkan penyambutan peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-69 dengan menghiasi kantor-kantor,

Segala cara diupayakan demi mewujudkan cita-cita mencetak anak asli Papua yang berkualitas. Walau setumpuk masalah menghadang, tak menghalangi langkah mereka bergerak maju.

Panti Asuhan (PA) Filadelfia didirikan di bawah naungan Gereja Pantekosta Indonesia (GPDI) di Tanah Papua. Panti tersebut berlokasi di Jalan Sentani Depapre  RT 02 RW 03, Kabupaten  Jayapura. Dari Sentani dapat ditempuh selama  45 menit jika

Di usia yang semakin senja, perjuangan hidup nyatanya belum berakhir. Berbekal tekad dan semangat yang kuat, membuktikan diri bahwa kemandirian hidup mampu diraih.

Di samping gang jalan Waena Kampung (Waekamp), sisi jalan menuju Sentani, tampak Mateldah Serontouw yang akrab disapa Mama Mateldah. Sejak pukul 17.00 WIT hingga dini hari, beliau setia menunggu pembeli. Mama Mateldah biasa

Pembunuhan Thomas Baker di Fiji adalah bagian dari sejarah kanibalisme di abad ke-19. Saya berkesempatan menguak belulang kenangan itu saat berkunjung ke Fiji.

Berawal dari temuan kliping surat kabar dengan judul “Ditemukan Tulang Misio­naris Thomas Baker” akhir Mei lalu, penulis dan Nelson Ondi menelusuri jejak Thomas Baker de­ngan menumpang bus dari terminal Suva. Setelah satu jam perjalanan,

Bumi Cenderawasih memang berbeda dengan Borneo, Kalimantan. Tetapi api Kristus mempersatukan kami.

Tanggal 24 Juni 2014, Tim Baliem Mission Center (BMC) melakukan perjalanan ke Desa Mahak Baru, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara Perjalanan kami ini mewakili direktur utama (BMC, John Wempi Wetipo, SH.MH yang diundang oleh Panitia

Salah satu kebijakan Gubernur Lukas Enembe,SIP.MH dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, SE.MM adalah memberikan porsi dana sebesar 30 persen buat sektor pendidikan.

Kebijakan ini pun mendapat aspresiasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof.Dr.Ir. Mohammad Nuh,DEA.
Mendikbud Mohammad Nuh usai peresmian Pencanangan Implementasi Kurikulum 2013 dan Peresmian SMA Keberbakatan

Sebanyak 1300 unit rumah layak huni bakal dibangun Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pekerjaan Umum di kabupaten dan kota. Sebuah bukti perhatian bagi rakyat.

Pembangunan 1300 unit rumah untuk rakyat ini berdasarkan kesepakatan dan usulan dalam Musrembang di tingkat Kabupaten dan Kota di Papua tahun 2013 lalu. Ini juga selaras dengan visi dan misi Pemprov Papua yang dijadwalkan dalam

Pembangunan Kantor Distrik Napua akhirnya rampung. Pelayanan terhadap masyarakat diharapkan jauh lebih baik.

Setelah pembangunannya rampung, kantor Distrik Napua akhirnya diresmikan oleh Bupati Kabupaten Ja­yawijaya, Wempi Wetipo, SH.MH.

Pencoblosan pemilihan Presiden secara serempak dilaksanakan di seluruh tanah air, tak terkecuali di Kabupaten Jayawijaya.

Meski di puncak pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden di Kabupaten Jayawijaya, 9 Juli 2014 berjalan aman dan lancar.

Berbagai kegiatan digelar untuk memperingati perayaan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2014. Salah satunya adalah karnaval yang berlangsung meriah.

Sekitar 900 orang anak dari 21 sekolah dasar di seluruh Kabupaten Jayawijaya ikut ambil bagian dalam perayaan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat kabupaten, 21 Juli 2014.

Rencana pembangunan jangka menengah kampung (RPJMK) menjadi salah satu elemen penting menyusun program kampung.

Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Kabupaten Jayawijaya menggelar pelatihan bagi kepala kampung se Kabupaten Jayawijaya untuk menyusun rencana pemba­ngunan jangka menengah kampung (RPJMK).

Pemkab kabupaten Lanny Jaya terus berupaya meningkatkan pembangunan tidak hanya pembangunan fisik tetapi juga peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Untuk mencapai hal tersebut berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, baik peme­rintah pusat maupun pihak swasta khususnya yang ada di Jakarta.

Anak adalah aset bangsa yang akan menentukan masa depan bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Paniai, sehingga perlu dibina dan dikembangkan.

Untuk mewujudkan  perkembangan yang optimal, anak membutuhkan dukungan dari semua pihak seperti orang tua, lingkungan masyarakat sekitarnya dan negara. Hal ini sesuai dengan hak anak, sebagaimana diatur dalam UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Sebagian besar warga di Kabupaten Paniai menolak dengan tegas hadirnya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Begitupun dengan para PNS yang juga menolak Kartu Pegawai Elektronik (E-Karpeg).

Aksi penolakan terhadap kartu tanda penduduk elektronik atau E-KTP terus berlanjut hingga saat ini. Setelah sebelumnya E-KTP ditolak oleh ribuan warga beberapa kali dalam pada tahun 2012 dan 2013.

Minimnya pembeli, membuat para Petani di Paniai kecewa karena hasil produksi seperti sayur mayur, umbi umbian, kacangkacangan yang banyak dihasilkan tak laku dijual.

Hal tersebut merupakan ungkapan warga tani yang berada di distrik Yatamo, Kabupaten Paniai, saat monitoring ke lapangan yang dilakukan oleh Badan Pelaksana, Penyuluh Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan BP4K2P Paniai baru baru ini di sana.

Pesta demokrasi untuk memilih presiden sudah digelar 9 Juli di seluruh Indonesia. Siapapun presidennya, masyarakat Mappi pasti mendukungnya.

Di Kabupaten Mappi pemi­lihan presiden sendiri berjalan dengan aman dan lancar. Dari 64 ribuan daftar pemilih tetap (DPT). Yang ikut menggunakan hak pilihnya kurang lebih 69 persen. Kurang lebih 44000 masyarakat Mappi ikut terlibat dalam pesta demokrasi Pilpres 2014 untuk memilih presiden RI periode 2014-2019.

Peristiwa peresmian gereja dan jemaat Eden Kepi ini memiliki nilai bagi seluruh umat. Oleh karena itu peristiwa yang bernilai ini tidak sebatas seremonial.

Jemaat GPI Eden Kepi kini bisa beribadah dengan nyaman dan khimad menyusul diresmikannya gedung memiliki gereja baru, 13 Juli 2014.
Bupati Kabupaten Mappi, Stefanus Kaisma, S.Sos, dalam sambutannya,  meminta warga jemaat untuk selalu datang beramai-ramai setiap minggu sehingga gereja tidak terlihat.

Seiring dengan bertambah­nya jumlah jemaat meng­haruskan penambahan gedung gereja. Kini harapan jemaat telah terwujud dengan hadirnya gedung gereja baru.

Setelah dua tahun lamanya membangun gedung gereja GPI Silo Kepi itu akhirnya diresmikan secara resmi untuk digunakan, 13 Juli 2014.
Saat itu juga jemaat GPI Silo Kepi dimekarkan nama Gereja Protestan Indonesia-Papua Jemaat Eden Kepi.

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) menggelar penataran untuk mendapatkan pelatih dan wasit yang berkualitas.

Pelatihan bagi pelatih maupun wasit yang digelar Disporbudpar diikuti 65 orang utusan dari 6 distrik di Kabupaten Mappi.
65 orang itu mengikuti pelatihan pelatih dan wasit untuk cabang olah raga sepak bola dan voli.

Sulitnya akses transportasi udara keluar kabupaten Tolikara maupun sebaliknya terjawab sudah. Satu armada pesawat Caravan yang disubsidi pemerintah
setempat kini resmi beroperasi.

Beroperasinya pesawat caravan tersebut ditandai dengan peresmian penerbangan perdana oleh Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE.M.Si yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tolikara Djuly Mambaya,ST di Terminal Bandara Karubaga, 24 Juli 2014.

Dana segar tambahan Otsus untuk Pemkab Tolikara tahun 2014 mencapai Rp40 miliar. Peruntukannya pun harus sesuai dengan RPJMD dan RPJPD.

Tak ingin dana Otsus Rp40 miliar yang dikucurkan dari Pemprov Papua peruntukannya tak tepat sasaran, Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE.M.Si  meminta para kepala SKPD meng­ajukan program sesuai RPJMD dan RPJPD yang ada.

Guru-guru yang tergabung dalam wadah PGRI se-Kabupaten Tolikara mendatangi kantor bupati untuk meminta Bupati Tolikara memberikan penjelasan terkait terlambatnya penerimaan insentif dan hak-hak lainnya.

Aksi itu merupakan buntut dari aksi sebelumnya yakni pemalangan Kantor Dinas Pendidikan Tolikara.
Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE,M.Si didampingi Assisten II Emi Enembe, S.IP,M.Si dan Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga yang diwakili oleh sekretaris, Aur

Sebanyak 253 jemaat Calon Klasis Kwari Distrik Kwari kini menjadi pengikut Tuhan Yesus Kristus setelah menerima baptisan.

Mewujudkan misi pelayanan Tuhan untuk mengajak jemaat Tuhan mendekatkan dirinya kepada Tuhan dan membangun moral warga gereja, pihak Gereja Injili di Indonesia (GIDI) calon Klasis Kwari melakukan pembabtisan massal sebanyak 253 orang dari tiga dewan, sepuluh gereja GIDI, calon Klasis Kwari wilayah Toli, 13 Juli 2014.

Begitu banyak nilai dan sumber hidup dan kehidupan yang menjanjikan dari Tanah Papua. Ibarat surga, Papua pantas diperlakukan secara baik. Tak terkecuali matoa.

Pohonnya yang menjulang, hingga lebih dari 18 meter, menghiasi sisi jalan di perkampungan di Sentani. Burung-burung mematuk daging buahnya dan meninggalkan biji hingga terjadilah proses pembibitan secara alami. Matoa dengan nama latin Pometia Pinnata berdiameter rata-rata 100 cm. Umum­nya berbuah sekali dalam setahun. Namun

Harapannya besar. Angka kematian ibu hamil dan melahirkan berkurang. Segala pengabdian yang dilakukannya tidak Iain adalah wujud pelayanan kepada Tuhan.

Waktu tak menjadi penghalang baginya untuk menyusuri jalan yang berbatu, terlebih saat malam hampir berganti. Berbekal perangkat bersalin seadanya, Roslina bergegas tanpa rasa takut mengunjungi seorang perempuan di Kampung Yoboi, Sentani yang hendak melahirkan. Rasa kantuk dan lelah seolah terobati kala mendengar tangisan

Juni 2014 lalu, Festival Danau Sentani (FDS) VII digelar. Kegiatan ini diharapkan menjadi daya tarik dan mampu menarik wisatawan lokal dan mancanegara ke Papua.

Kampung Asei Besar yang merupakan pusat kerajinan kulit kayu telah mencetak rekor MURI dengan lukisan di atas kulit kayu sepanjang 100 meter. Para tetua mengharuskan ge­nerasi muda untuk belajar melukis di atas kulit kayu, melestarikan Kelambut yang merupakan alat musik pukul khas Sentani, serta melestarikan Sempe

Budaya Papua dengan ciri khas tersendiri merupakan aset daerah yang berpeluang menghiasi perfilman nasional. Apalagi budaya daerah adalah identitas masyarakat dan identitas lokal yang mengikat warganya menjadi satu kesatuan.

Perawakan Yullex Sawaki  tinggi besar, membuatnya selalu tampak gagah. Dari perkawinannya dengan seorang wanita asal Biak, lahir tiga orang Yullex junior. Betapa ia  mencintai keluarganya, hingga rela melakukan pekerjaan berat, mencari bahan cadangan di pelosok tanah leluhurnya yang belum terjamah  untuk PT Freeport Indonesia.

Galanita Persitoli Tolikara kembali menorehkan prestasi usai menjadi juara dalam kejuaraan sepak bola wanita se-Papua tahun 2014. Target lebih tinggi pun diapungkan.

Penonton yang memenuhi Stadion Mandala Jayapura langsung bergemurah saat pemain Galanita Persitoli Tolikara, Greda Warris mencetak gol kedua ke gawang Galanita Persipura di menit 64. Sebelumnya pemain bernomor punggung sepuluh ini juga yang mencetak gol ke gawang Persipura di menit 42.

Pesta demokrasi pemilihan presiden (Pilpres) sudah berakhir. Pasangan Joko Widodo(Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) terpilih sebagai presiden dan wakil presiden periode 2014-2019. Majalah Lani berkesempatan mewawancarai salah satu tim pemenangan Jokowi-JK untuk kawasan Indonesia Timur yang juga Ketua DPD Partai PDIP Perjuangan Provinsi Papua,Komaruddin Watubun,SH.MH di kawasan Yoka Distrik Abepura, 9 Juli 2014. Berikut petikan wawancaranya.