Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Tanggal 7-9 Agustus 2014, untuk ke-25 kalinya, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menggelar Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) di Distrik Usilimo. Kendati berlangsung dengan sangat meriah, dalam usia peraknya, festival pertama dan tertua di Papua ini masih meninggalkan sejumlah catatan yang harus menjadi perhatian dalam penyelenggaraan ke depannya.

Beberapa pekan terakhir ini, kebijakan pengurangan BBM bersubsidi mulai diberlakukan. Termasuk di Papua dan wilayah timur Indonesia lainnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir menyampaikan dalam press releasenya yang dipaparkan General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operational Region (MOR) VIII Maluku-Papua, Mohammad Irfan di

Komunitas GPI Regional Jayapura kian eksis. Kehadirannya turut memberi kontribusi besar bagi dunia fotografi dan seni, bahkan karakter-moral etis generasi muda di Papua.

Komunitas Galeri Photography Indonesia (GPI) secara nasional dibentuk pada awal tahun 2013. Komunitas ter­sebut didirikan di Jakarta dan diketuai Jeffry Surianto. Selanjutnya Komunitas GPI dibentuk dan diresmi­kan di lima daerah di Indonesia, salah

Pada Hari Anak Nasional (HAN) Pemerintah Jayawijaya menandatangani komitmen bersama Lambaga Swadaya Masyarakat Wahana Visi Indonesia (WVI), guna memberikan perlindungan terhadap anak-anak yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

Pemerintah daerah Kabupa­ten Jayawijaya berkomitmen untuk melakukan perlindu­ngan terhadap anak, dengan memberikan dukungan berupa dana maupun program lainya kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berjuang untuk kehidupan anak-anak di Jayawijaya.

Peerintah mKabupaten Jayawijaya pada musim haji 2014 memberatkan 21 calon haji untuk menenuaikan ibadah di tanah suci Mekkah, jamaah haji Jayawijaya akan tergabung dalam kloter 9 direncakan 13 September bertolak ke Mekkah.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayawijaya pada, 12 Agustus bertempat di gedung serbaguna Bazda Jaya­wijaya melepas sebanyak 21 calon Jamaah Haji (Calhaj) dari Kabupaten Jayawijaya, guna melaksanakan ibadah haji tahun 2014 ini.
Calon jamaah haji tersebut secara resmi dilepas oleh Asisten II Setda Jayawijaya, Gaad Piranid Tabuni SP,MM didampingi kepala Kantor Kementrian Agama Jayawijaya,

Meski terjadi sejumlah aksi teror oleh kelompok sipil bersenjata, namun pelaksanaan Upacara HUT RI Ke-69
di Kabupaten Lanny Jaya tetap berlangsung aman.

Pelaksanaan upacara bendera dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 69 di Kabupaten Lanny Jaya, 17 Agustus 2014 berjalan aman dan lancar.

Akibat gangguan keamanan di Kabupaten Lanny Jaya, pemerintah setempat menarik semua guru SM3T yang bertugas di kabupaten itu.

Adanya aksi penembakan yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Lanny Jaya oleh Kelompok Sipil Bersenjata (KSB), membuat pemerintah setempat memulangkan para guru dari program Sarjana Mendidik Daerah Terluar, Terdepan dan Terpencil (SM3T).

Masih Minim Perhatian Pusat

Meski sudah masuk 25 tahun, Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) yang mendatangkan ratusan turis manca Negara ini belum juga menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat. Miris.

Pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) tahun 2014 yang digelar 7-9 Agustus memasuki usia 25 tahun atau biasa disebut sebagai Tahun Perak. Festival yang dihadiri oleh peserta dari 40 distrik menampilkan berbagai kebudayaan khas yang dimi­liki masyarakat Pegunungan Tengah Papua dan berlangsung sangat meriah.
Pembukaan FBLB, Kamis, 7 Agustus 2014 yang bertempat di Distrik Usilimo, Jayawijaya menampilkan berbagai atraksi perang-perangan, pertunjukan berbagai alat tradisional masyarakat Pegunungan hingga keikutsertaan pengunjung dalam berbagai perlombaan yang disediakan panitia. Selain masyarakat lokal, wisatawan asing maupun domestik berbondong-bondong menghadiri festival tertua di Papua tersebut.
Hadir dalam pembukaan festival ini, Asisten Bidang Umum Setda Provinsi Papua, Rosina Upessy, SH mewakili Gubernur Papua dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jayawijaya. Tak ketinggalan, sejumlah komunitas pecinta fotografer dari dalam dan luar negeri, termasuk artis papan atas ibukota, Tompi.

Pasca rentetan penembakan yang terjadi di Kabupaten Lanny Jaya pada medio Juli, dan 3 kali di bulan Agustus 2014 membuat aktifitas pemerintahan dan masyarakat lumpuh, begitu juga jalur transportasi darat dari Wamena menuju Tiom ibu kota Lanny Jaya.

Namun dengan upaya yang dilakukan oleh aparat keamanan, situasi sudah mulai kondusif, terutama di ibu kota Tiom, di mana jalur darat atau jalan utama ke kota Tiom sudah bisa dilewati kendaraan sehingga membuat perekonomian kembali berjalan.

Pengkhianatan adalah tindak kejahatan yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah kelompok berupa pembunuhan, perselingkuhan atau persekongkolan dengan musuh dengan tujuan merugikan dan menghancurkan sahabat, kekasih, kelompok atau bangsanya sendiri. Hal seperti itu sudah sering terjadi dalam kehidupan dan perjuangan, entah itu terhadap bangsa,

Penantian yang cukup panjang para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Lanny Jaya akhirnya terjawab.

Pemerintah kabupaten setempat lewat Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Kabupaten Lanny Jaya akhirnya mengumumkan hasil tes tersebut.

Perayaan HUT Republik Indonesia ke-69 tahun 2014 menjadi momen untuk menciptakan kedamaian demi Paniai sejahtera.

HUT Republik Indonesia ke-69 tahun 2014 tingkat Kabupaten Paniai diperingati dalam bentuk upacara bendera di Lapangan Karel Gobai Enoratali.
Upacara bendera yang diikuti 2000 warga dari unsur PNS, DPR, TNI-POLRI, tokoh masyarakat berlangsung khidmat, aman, dan lancar.

Berbagi kasih kepada orang yang membutuhkan khususnya anak-anak dari keluarga ekonomi lemah merupakan suatu perbuatan positif. Patut diapresiasi oleh siapapun.

Hal itulah yang menjadi landasan dalam berkarya sebuah lembaga yang berpusat di Colorado, Amerika Serikat dan memiliki cabang di Indonesia, yakni di Manado, Sulawesi Utara. Begitu besar kepedulian Convention terhadap pendidikan anak-anak di Papua, terutama mereka yang lahir dari keluarga dengan ekonomi lemah. Untuk itu Convetion membuka sebuah tempat belajar di luar sekolah umum yang dinamakan Pusat Pengembangan Anak (PPA) Diaspora. Convetion sendiri artinya belas kasihan Tuhan.

Tingginya aktivitas penerbangan menggunakan jasa ke helikopter ke lokasi pendulangan tradisional di sepanjang Kali Degeuwo, dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Paniai untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Langkah cepat pun diambil, Pemerintah Kabupaten Paniai melalui Asisten I Setda Paniai, Drs. Abdul Azis menggelar pertemuan dengan para pengusaha helikopter di Nabire, ibu kota Kabupaten Nabire.

Visi pembangunan Kabupaten Paniai adalah mewujudkan masyarakat Paniai yang sejahtera yang diwujudkan melalui Gerakan Pembangunan Kampung (Gerbang Kampung).

Tujuan di atas ini mengandung makna, bahwa pada tahun 2018 diharapkan masyarakat Kabupaten Paniai memiliki ketahanan pangan dengan memproduksi sendiri umbi umbian, sayur mayur dan lauk pauk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Meski Kota Keppi, ibu kota Kabupaten Mappi diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat masyarakat maupun peserta untuk mengikuti jalannya upacara bendera sebagai puncak peringatan HUT RI ke-69 Tahun 2014 di Lapangan Krida.

Peringatan detik-detik proklamasi hingga pengibaran bendera merah putih berlangsung khidmat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Bupati Stefanus Kaisma, S.Sos. Turut Hadir Wakil Bupati Mappi, Ir. Benyamin Ngali, Sekda Mappi, dr. Ricky Welliam Bolang dan seluruh pimpinan

Dari balik sampah, ia dan rekan-rekannya berjuang keras mengubah hidup. Baginya, pekerjaan ini mulia. Ia tak pernah malu.

Sore itu dengan alat seadanya serta tanpa masker dan sarung tangan, Nikanor Ibo bersama empat pegawainya yang dipekerjakan oleh Dinas Kebersihan Kabupaten Jayapura tengah memisahkan sampah basah dan sampah kering. Tampak tumpukan sampah rumah tangga dan sisa makanan yang telah membusuk. Sulitnya mendapatkan pekerjaan membuat mereka bertahan bertahun-tahun lamanya bergelut dengan gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Doyo Lama.

Selama sebulan, saya bersama teman-teman mahasiswa STFT Fajar Timur melakukan praktek penelitian di Distrik
Waris, Keerom. Ada banyak kisah, kesan dan harapan.

Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Fajar Timur, panti pendidikan calon pastor terletak di Padang Bulan. Pagi itu, 16 Juni 2014, dua mobil truk kayu masuk ke kompleks menjemput kami, para mahasiswa angkatan 2011. Sebagai calon pastor, di tengah rutinitas bergelut dengan studi filosofis-teologis, praktek penelitian lapangan menjadi oase. Inilah hari yang kami nantikan untuk turun ke tengah umat. Hidup bersama (live in) dan ikut merasakan keadaan mereka.

Persipura sukses melaju ke babak semifinal Piala AFC usai menang besar dari Kuwait SC. Persipura pun mencatatkan sejarah sebagai tim Indonesia pertama yang berlaga di empat besar Piala AFC.

Takluk pada pertemuan pertama melawan Kuwait SC 3-2 di kandang lawan tak membuat skuat Persipura patah semangat. Justru anak-anak Persipura bangkit kala kedua tim bersua di leg kedua Piala AFC yang dihelat di Stadion Mandala,27 Agustus 2014.

Pengprov POBSI Papua tak hanya sukses menyelenggarakan Munas tapi juga mencatat sejarah. Untuk pertama kali seorang putra asli Papua menjadi ketua umum PB POBSI.

Ruang Asmat 2 Hotel Aston Jayapura menjadi saksi bagi Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI). Hari itu, Sabtu, 23 Agustus, John Wempi Wetipo,SH.MH terpilih sebagai ketua umum PB POBSI periode 2014-2018

Setelah bertugas setahun di Kabupaten Jayawijaya guru-guru SM3T harus kembali ke daerahnya masing-masing. Walau waktu cukup singkat, namun mereka sudah berkarya untuk meningkatkan pendidikan bagi anak-anak di Bumi Lembah Baliem.

Kinerja guru-guru SM3T yang selama setahun memberikan pembelajaran bagi pelajar yang ada ditingkat SD hingga SMA di Kabupaten Jayawijaya harus dapat dijadikan motivasi bagi para guru-guru di Jayawijaya dalam memberikan pengajaran bagi siswa didiknya.

Pemerintah pusat terus memberikan perhatian kepada Provinsi Papua melalui tambahan dana Otsus hingga Rp5 Triliun, dan Dana Infrastruktur Papua mencapai Rp2,5 Triliun.

Pemerintah Pusat dalam Rencana Anggara Perubahan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2015, bakal menaikkan alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua, Papua Barat dan Aceh sebesar Rp16,5 triliun atau naik sekitar Rp320,4 miliar dari alokasi tahun 2014 sebesar Rp16,1 triliun.

Sejumlah pasal krusial dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemerintah­an Otsus Di Tanah Papua tak diakomodir, akibatnya menuai protes dari Gubernur Papua.

Perjuangan Pemeritah Provinsi Papua di bawah kepemimpinan Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, SE.MM untuk mendapatkan pengakuan yang lebih khusus lagi melalui draf Ranca­ngan Undang-Undang (RUU) Otonomi Khusus Plus tak berjalan mulus.

Seniman di Papua tengah dalam godaan. Mereka dihadapkan pada dua pilihan. Menjaga nilai seni atau memenuhi kebutuhan ekonomi.

Teriknya matahari membuat pandangan penulis kabur. Diantar ojek langganan pukul 12.15 WIT, penulis menuju Kampung Harapan, Khalkote, Sentani. Tepat sebelum pertigaan arah dermaga Khalkote, lokasi perhelatan Festival Danau Sentani Juni lalu, di kanan jalan berdiri galeri sederhana, Fansoway Art.

Menjelang peringatakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, sudah menjadi hal yang lazim, jika setiap pemerintah kabupaten menggelar berbagai kegiatan untuk menyambut hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, tak terkecuali Pemkab Mappi.

Sudah menjadi agenda tahunan bagi Pemerintah Kabupaten Mappi untuk menggelar pasar malam dan pameran pembangunan. Hal itu dilakukan pada peringatan HUT RI ke-69 tahun 2014 ini yang dipusatkan di di pelataran Gedung Serba Guna Bawape Kepi, 14 hingga 25 Agustus 2014.

Komandan Korem (Danrem) 174 Anim Ti Waninggap (174 / ATW) Brigjen TNI, Supartodi, SE.M.Si melakukan kunjungan kerja (kungker) ke Kabupaten Mappi, awal Agustus 2014. Ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan terhadap pemerintah dan masyarakat.

Kungker itu sendiri merupakan rangkaian untuk menjaga kestabilan, keamanan di Kabupaten Mappi. Dalam kungker itu, Danrem Brigjen TNI, Supartodi, SE.M.Si disambut Wakil Bupati Kabupaten Mappi, Ir. Benyamin Ngali.

Memupuk rasa kebersamaan diantara suku-suku di Kabupaten Mappi baik suku asli maupun pendatang merupakan satu kekuatan untuk membangun kabupaten ini.

Mappi dihuni banyak suku selain suku-suku asli Mappi juga suku-suku pendatang. Keberagaman yang ada di Mappi ini adalah sebuah potensi dalam membangun daerah ini dengan terus meningkatkan rasa solidaritas sesama manusia yang ada di daerah ini. Hal ini disampaikan, Ketua DPRD Mappi,

Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Tolikara untuk menarik wisatawan baik manca negara maupun lokal untuk berkunjung ke kabupaten itu adalah menggelar Festival Paralayang yang dipadukan dengan budaya setempat.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar pada era kepemimpinan Bupati Usman G.Wanimbo, SE.MSi dan Wakil Bupati Amos Yikwa, SP.MSi  dilaksanakan di Lapangan Merah Putih, Karubaga, ibu kota Kabupaten Tolikara selama dua hari, 15 hingga 16 Agustus 2014.

Puncak peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 tingkat Kabupaten Tolikara diperingati dalam bentuk upacara bendera di Lapangan Merah Putih, Karubaga, 17 Agustus 2014.

Upacara bendera itu diikuti Pegawai Negeri Sipil (PNS), aparat keamanan baik TNI maupun POLRI termasuk masyarakat yang ikut hadir menyaksikan secara langsung.

Di akhir masa jabatannya, Presiden SBY meluncurkan Beasiswa Indonesia Presidential Scholarship untuk Studi di 50 Universitas Terkemuka di Dunia. Ini untuk menyiapkan Generasi Muda Emas di tahun 2045.

Sebelum mengakhiri masa jabatannya presiden Susilo Bambang Yudhono membuat sebuah gebrakan baru dalam dunia pendidikan dengan meluncurkan Beasiswa Presiden Republik Indonesia (Indonesia Presidential Scholarship) yang dimulai pada tahun 2014 ini.

FKUB dibentuk untuk, mendeteksi sedini mungkin dan pemetaan gangguan kerukunan umat beragama, meredam dan mencari solusi terhadap gangguan kerukunan antar umat beragama.

Dewan penasehat dan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jayawijaya periode 2014-2018 secar resmi dikukuhkan oleh Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo,SH.MH di Sasana Wio Kantor Bupati, 18 Agustus 2014.
Pengukuhan ini sesuai dengan surat keputusan Bupati Jayawijaya nomor 296 tahun 2013 tentang pembentukan dewan penasehat dan pe­ngurus FKUB Jayawijaya, me­mutuskan wakil Bupati Jayawijaya sebagai ketua dewan penasehat, Kepala Kantor Kementerian Agama Jayawijaya sebagai wakil ketua.